Iklan
Security PT Mc Dermott Indonesia, Batuampar – Batam.
foto. Yusuf Hidayat

batamnpos.co.id – Mc Dermott peruhaan migas terbesar di Batam kembali bangkit. Perusahaan tersebut mendapat dua proyek besar yang akan mempekerjakan banyak tenaga kerja. Diharapkan ini akan meningkatkan ekonomi di Batam.

Iklan

Manager Komunikasi Asia Mc Dermott Philip Ng mengatakan, proyek bernama Maersk Tyra tersebut bernilai besar. Di mana pengerjaannya akan dilakukan di Batam dan Malaysia.

“Saat ini kami masih dalam tahap awal perencanaan tetapi pengerjaan di Batam belum dalam waktu dekat,” katanya.

Ditanya mengenai perekrutan karyawan, Philip Ng tidak berkomentar banyak.

“Perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan nantinya. Tetapi di tahun ini akan kita lakukan perekrutan mungkin di kuartal empat,” katanya.

Ia mengatakan dua paket proyek tersebut akan dikerjakan dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun. Proyek pertama dijadwalkan selesai 1 Februari 2020 dan satu proyek lagi 2021.

Pekerjaan untuk teknik, pengadaan dan konstruksi untuk dua paket kerja terpisah untuk Maersk Oil Satu paket pekerjaan McDermott terdiri dari pengolahan gas platform Tyra East G seluas sekitar 18.188 ton atau 16.500 metrik ton dan mencakup dua jembatan penghubung 328 kaki (100 meter) masing-masing 468 dan 771 ton (425 dan 700 metrik ton), dan sebuah suar panjangnya 449 kaki (137 meter).

Paket pekerjaan McDermott lainnya terdiri dari dua topside teratas untuk Tyra East B dan Tyra East C masing-masing 1.763 dan 1.366 ton (1.600 dan 1.240 metrik ton); sebuah puncak riser 2.480 ton (2.250 metrik ton) di Tyra East E; dua topside teratas untuk Tyra West B dan Tyra West C masing-masing 1.421 dan 1.488 ton (1.290 dan 1.350 metrik ton); dan bagian atas riser pada 335 ton (304 metrik ton) di Tyra West E.

Juga termasuk empat jembatan penyambung yang berkisar antara 60 sampai 1.102 ton (55 sampai 1.000 metrik ton). McDermott juga akan membuat enam modul pendukung frame (MSF) dengan total 1.289 ton (1.170 metrik ton) untuk meningkatkan platform yang ada 42 kaki (13 meter) untuk memperhitungkan penurunan dasar laut.

Ketua Kadin Batam menyambut baik berita tersebut. Ia mengatakan kabar gembira tersebut ditunggu ribuan pengangguran di Batam. Ia berharap ini menjadi tanda-tanda kebangkitan ekonomi Batam.

“Mc Dermott itu perusahaan besar. ini sangat ditunggu masyarakat. Harapan kita, Mc Dermott mempekerjakan mayoritas masyarakat Batam,” katanya.

Menurutnya, selain perusahaan tersebut, perusahan-perusahaan lain di Batam sudah mulai bangkit. Ekonomi Batam yang sempat hancur diharapkan pelan-pelan bisa naik.

“Saya dengar di Kabil dan perusahaan lain juga mulai order. Mudah-mudahan semua bidang industri bisa dapat proyek,” katanya.

Ia berharap masuknya proyek baru Mc Dermott ini menjadi pintu masuk pemerintah untuk terus memberikan kemudahan dan kepastian berinvestasi di Batam. Perizinan investasi harus dipermudah.

“Kita dari Kadin selalu meminta dan mendesak pemerintah untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada investor,” katanya.

Anggota komisi I DPRD Kota Batam Tumbur M Sihaloho mengaku bersyukur proyek tersebut dimenangkan oleh perusahaan Batam. Diharapkan, warga Batam yang memiliki kemampuan untuk bidang proyek tersebut menjadi pilihan utama dari perusahaan.

“Kita berharap, 90 persen karyawan yang direkrut adalah dari Batam. Mudah-mudahan ekonomi Batam terus tumbuh,” katanya. (ian)