Jumat, 29 Maret 2024

Usulkan Bangun Jembatan Beton Rp 7 Miliar

Berita Terkait

batampos.co.id – Untuk kesekian kali, Pemerintah Desa Penaga mengusulkan pembangunan jembatan beton di Kampung Belak Desa Penaga Kecamatan
Teluk Lobam. Pembangunan jembatan sekaligus akses jalan antara Kampung
Belak dan Kampung Kemalay itu diprediksi menelan anggaran Rp 7 miliar.

Pj Kepala Desa Penaga Doddi yang dihubung Senin (22/1) siang mengatakan, usulan pembangunan jembatan beton di Kampung Belak menjadi prioritas dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2018, karena kondisi jembatan kayu yang digunakan masyarakat sudah lapuk akibat selalu tergenang air laut.

Doddi mengatakan tim perencanaan sudah melakukan pengkajian terkait rencana pembangunan jembatan beton itu dan diprediksi biaya yang diperlukan untuk membangun jembatan di Kampung Belak sekitar Rp 7 miliar.

Nantinya, lanjut Doddi dengan anggaran itu akan dilakukan penimbunan lahan setinggi 2 meter dan kemungkinan pemasangan batu miring lalu pematangan lahan dan pembangunan jembatan beton lebih kurang 1 kilometer. “Itu untuk pembangunan jembatan saja karena kami utamakan kenyamanan bagi pengguna jalan dahulu, sedangkan untuk lanjutan jalan hingga tembus jalan aspal akan menyusul,” jelasnya.

Ia berharap, pembangunan jembatan di Kampung Belak bisa dilakukan mulai tahun ini, karena tidak mungkin dilakukan sekaligus dalam setahun mengingat anggaran yang cukup besar. “Karena anggarannya besar, kemungkinan multiyears,” tukasnya.

Sementara itu, Kandra, pengguna jalan mengatakan, dirinya setiap hari berjalan di jalan yang tergenang air laut pasang. Bahkan, jembatan kayu yang digunakan juga sudah nyaris roboh. Ia berharap, melihat kondisi jembatan yang sudah tidak layak, pemerintah bisa membangun jembatan di kampung itu. (met)

Update