Jumat, 29 Maret 2024

Banyak Titik Banjir di Jalan Utama

Berita Terkait

Seorang pengendara terpaksa mendorong motornya akibat mogok terendam banjir di jalan Sudirman depan Perumahan Simpang Raya Batamcenter, Selasa (14/11/2017). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam fokus untuk menangani titik banjir di Batam. Meski sudah banyak titik banjir yang berkurang tetapi masih banyak titik banjir di jalan utama atau jalan nasional yang belum teratasi.

“Kemarin kita presentasi di depan Dirjen Bina Marga terkait titik-titik banjir ini. Sudah kita inventarisir semua titik banjir di jalan nasional yang menjadi tanggungjawab kementerian PUPR,” Kata kepala dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yumasnur.

Ia menyebutkan beberapa titik banjir di jalan nasional yang harus dibenahi dalam waktu dekat adalah simpang kabil, pasar melayu, jalan raya Tiban-Sekupang dekat SPBU tiban center, jalan raya di sekitar SPBU coco Baloi.

“Kita berharap kementerian PUPR untuk membantu kita karena memang itu adalah ruas jalan mereka,’ katanya.

Menurutnya, jalan nasional harusnya benar-benar bebas dari banjir. Selain karena padat lalu lintas juga menjadi wajah kota.

“Jalan itu kan selalu dilewati wisatawan. Dan selalu ramai. Jadi sangat tidak masuk akal kalau memang sampai banjir,’ katanya.

Anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean meminta Dirjen Bina Marga untuk memberikan perhatian kepada jalan-jalan di Batam. Meski menurutnya, Pemko tidak bisa lepas dari perbaikan jalan tersebut.

“Sebenarnya Pemko sudah memperbaiki beberapa jalan nasional. Tetapi anggaran kan terbatas. Kita minta pusat juga untuk memberikan perhatian,” katanya.

Menurutnya, jalan protokol atau jalan utama harusnya mulus dan bebas dari banjir. Itu adalah jalan yang wajib dilewati setiap orang yang berkunjung ke Batam. “Misalnya ada wisatawan yang hendak ke Barelang kalau simpang Kabil banjir padahal hujan ringan, kan malu kita,” katanya. (ian)

Update