Iklan
Pemain-pemain putri Jakarta Elektrik PLN saat menggelar latihan di Gor Radja Jakfar Tiban, Selasa (23/1). Latihan tersebut langsung dipimpin pelatih kepala, Tien Mei yang memfokuskan perbaikan teknik receive. F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

batampos.co.id – Gelaran Proliga 2018 seri pertama di Yogyakarta pada 19-21 Januari 2018 telah usai. 12 kontestan yang terdiri dari dari lima tim putra dan tujuh tim putri ini bakal bersiap menghadapi seri kedua di Batam yang akan dihelat 26-28 Januari 2018.

Iklan

Hasil mengejutkan terjadi selama seri pertama yang dilangsungkan di Gor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kemarin. Pasalnya, juara bertahan tim putri, Jakarta Eketrik PLN harus menelan dua kali kekalahan. Di partai pembuka, Jakarta Elektrik PLN harus menyerah kalah atas Jakarta Pertamina Energi dengan skor 0-3 (11-25, 7-25, 14-25).

Sedangkan di laga kedua, juara tiga tahun terakhir ini juga dipaksa takluk dari Bandung BJB Pakuan juga dengan skor 0-3 (22-25, 14-25, 18-25).

Dengan hasil tersebut, maka Jakarta Elektrik PLN masih terdampar di urutan keenam klasemen sementara Proliga. Sementara itu, Jakarta Pertamina Energi berada di puncak klasemen usai mengantongi dua kemenangan.

Jakarta Pertamina Energi benar-benar mendominasi di seri pertama ini. Tak hanya di tim putri, di tim putra, mereka juga mendominasi dengan duduk di singgasana klasemen dengan raihan dua kemenangan.

Humas Proliga 2018, Lutfi mengatakan, pembagian kekuatan pemain di bagian putra lebih merata tahun ini. Persaingan di bagian putri juga diyakini akan berjalan lebih seru karena pemain-pemain nasional lebih tersebar ke tim-tim peserta.

Tim yang paling terkena imbasnya adalah juara putri enam kali Proliga, Jakarta Elektrik PLN. Setelah ditinggal kapten mereka musim lalu sekaligus pemain timnas voli Indonesia, Aprilia Manganang yang telah hijrah ke Bandung BJB Pakuan.

“Sepertinya Jakarta Elektrik PLN tidak bisa mendominasi lagi di musim ini setelah ditinggal pemain-pemain bintangnya,” kata Lutfi kepada Batam Pos, Selasa (23/1).

Untuk itu, Jakarta Elektrik PLN akan bertekad tampil habis-habisan di seri kedua yang dilangsungkan di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal Batam ini.

Anak asuh Tien Mei sudah tiba di Batam, Senin (22/1) kemarin dan langsung melakukan latihan Selasa (23/1) pagi ini di Gor Radja Jakfar Tiban.

Pemain-pemain Jakarta Elektrik PLN yang sebagian besar didominasi pemain-pemain muda hasil seleksi di daerah-daerah ini terus diasah kemampuan pemain guna menutupi kekurangan saat berlaga di Yogyakarta.

“Receive kami masih lemah. Blok dan passing juga belum benar-benar sempurna. Untuk itu pelatih sangat fokus membenahi sektor pertahanan di latihan kali ini,” ujar asisten pelatih Jakarta Elektrik PLN, Abdul Munib.

Ia menuturkan, timnya diyakini bakal lebih siap dibanding laga-laga sebelumnya. Terlebih Jakarta Elektrik PLN sudah bisa menurunkan dua pemain asingnya yakni Liu Mengnya dan Pu Rou asal Tiongkok.

Perlu diketahui, keduanya merupakan pemain timnas Tiongkok saat berlaga pada 19th Asian Womens Volleyball Championship 2017. Untuk Liu Mengnya, pemain yang berposisi sebagai open spike ini pernah mengantarkan Jakarta Elektrik PLN menjadi juara pada Proliga 2015 lalu.

“Dengan kedatangan kedua pemain ini diharapkan tim bisa lebih komplet, baik secara komposisi maupun permainan dan bisa menambah daya dobrak tim. Kami ingin bisa meraih poin di Batam setelah gagal total di Yogyakarta kemarin,” ungkap Abdul. (oza)

Berikut jadwal lengkap Seri kedua Proliga 2018 Batam :

Jumat (26/1/2018)
15.00 WIB (Putri) Bekasi BVN Vs Jakarta Popsivo Polwan
17.00 WIB (Putri) Bandung Bank BJB Pakuan Vs Gresik Petrokimia
19.00 WIB (Putra) Surabaya Bhayangkara Samator Vs Jakarta Pertamina Energi

Sabtu (27/1/2018)
15.00 WIB (Putri) Jakarta BNI Taplus Vs Jakarta Pertamina Energi
17.00 WIB (Putri) Jakarta Popsivo Polwan Vs Jakarta Elektrik PLN
19.00 WIB (Putra) Jakarta BNI Taplus Vs Bekasi BVN

Minggu (28/1/2018)
13.00 WIB (Putri) Jakarta BNI Taplus Vs Gresik Petrokimia
15.00 WIB (Putri) Bandung Bank BJB Pakuan Vs Jakarta Pertamina Energi
17.00 WIB (Putri) Bekasi BVN Vs Jakarta Elektrik PLN
19.00 WIB (Putra) Bekasi BVN Vs Palembang Bank SumselBabel