Iklan
Bupati Karimun Aunur Rafiq ketika melakukan dialog dengan pelaku UKM pada sosialisasi Program Kemitraan PT Timah, Selasa (23/1) F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq berpesan, kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar memanfaatkan pinjaman modal dari pihak PT Timah Tbk untuk mengembangkan usaha. Supaya bisa terus meningkatkan produksi usahanya, dengan bunga pinjamanan cukup ringan yaitu 3 persen setahun.

”Tapi, jangan lupa pengembalian pinjamannya. Dan manfaatkan benar-benar, untuk modal usaha bukan untuk yang lain,” jelas Rafiq, kemarin (23/1) saat berdialog dengan para UKM se Kabupaten Karimun.

Dengan suku bunga pinjaman yang sangat ringan ini, bagi pelaku UKM bisa berkesempatan untuk membuat inovasi usaha yang baru. Selain usaha yang sudah ada, artinya bagaimana pelaku UKM tersebut dapat membuka usaha lain sesuai kebutuhan pasar. Mengingat, peluang home industri di kabupaten Karimun masih cukup besar pangsa pasarnya.

”Silahkan, berinovasi usaha. Sehingga, apabila angsuran pinjaman lancar bisa pinjam lebih besar lagi. Dan program kemitraan PT Timah Tbk dengan UKM dapat tumbuh nantinya, selain itu dapat belajar bagaimana memenejemen pinjaman tersebut bisa berkembang,” tuturnya.

Sementara itu Kabid PKBL PT Timah Tbk Erwan Sudarto mengatakan, sosialisasi program kemitraan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pelaku UKM bagaimana proses pinjaman lunak. Yang sekaligus diserahkan formulir porposal, untuk pengajuan pinjaman yang dihadiri sekitar 100 orang pelaku UKM.

” Prosesnya mudah. Yang jelas ada jaminan bagi pelaku UKM itu sendiri, semuanya bisa dibantu asalkan memenuhi persyaratan. Pinjaman bisa dimulai dari Rp5 Juta sampai Rp200 Juta,” ungkapnya.

Sedangkan salah satu pelaku UKM asal Moro Halim ketika dimintai tanggapannya mengungkapkan, bahwa dirinya berencana untuk meminjam Rp5 Juta sebagai modal usaha untuk pengembangan usahanya yaitu kerupuk. Namun, dirinya berharap kepada PT Timah Tbk agar proses pemimjaman bisa dilakukan di Moro. Sebab, kalau ke kantor PT Timah Tbk membutuhkan biaya transporsi cukup besar, apalagi bolak-balik.

” Saya harap sih proses verifikasinya di Moro sajalah. Ini informasi segar bagi kami pelaku UKM dengan bunga yang ringan sekali,” singkatnya.

Pantauan dilapangan hadir dalam sosialisasi tersebut GM PT Timah Tbk I Gede Adi Putra, Kepala Unit Metalurgi Wiyono dan Kabag Humas Timah Tbk Kundur Rio. Dan para pelaku UKM se kabupaten Karimun.(tri)