Kamis, 25 April 2024

Lis-Maya Paling Tajir di Pilwako

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Bakal Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Tanjungpinang, Lis Darmansyah-Maya Suryanti menjadi paslon paling tajir di Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tanjungpinang.

Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Lis Darmansyah memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 7,2 miliar, sedangkan Maya Suryanti senilai Rp 7,58 miliar. Jika ditotal, nilai harta pasangan Lis-Maya senilai lebih dari Rp 14 miliar.

Sedangkan penantangnya, bakal paslon Syahrul-Rahma berada di urutan kedua perihal nilai kekayaannya. Syahrul melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI total kekayaannya hanya Rp 496 juta. Ada pun Rahma, pasangannya yang sebelumnya berstatus sebagai Anggota DPRD Tanjungpinang didapati memiliki nilai kekayaan mencapai Rp 6,5 miliar. Jika ditotal kekayaan pasangan yang diusung koalisi Golkar dan Gerindra ini tidak sampai Rp 7 miliar.

Sedangkan bakal paslon perseorangan, Edi Syafrani-Edi Susanto memiliki total kekayaan mencapai lebih dari Rp 1,1 miliar. Dengan rincian kekayaan Edi Syafrani senilai Rp 816 juta, dan pasangannya senilai Rp 376 juta.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, Robby Patria menerangkan, dokumen LHKPN merupakan persyaratan wajib yang harus dilampirkan dalam pendaftaran sebagai bakal paslon kepala daerah.

“Aturan ini tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 4 ayat 1 poin k,” terang Robby.

Tanpa melampirkan dokumen LHKPN pada batas terakhir penyerahan dokumen pendaftaran, bisa dipastikan dinyatakan berkas paslon yang bersangkutan tidak lengkap dan tidak bisa terverifikasi dan besar kemungkinan tercoret dari daftar penetapan calon 12 Februari mendatang.

“Batas terakhir penyerahan kan Sabtu (20/1) kemarin. Jadi sekarang kami sedang memverifikasi semua berkas pendaftaran yang telah diserahkan, termasuk juga tentang LHKPN ini yang merupakan syarat wajib pendaftaran bakal paslon peserta Pilkada,” pungkas Robby. (aya)

Update