Kamis, 25 April 2024

Pipa Air di Anambas Masih Banyak Rusak

Berita Terkait

batampos.co.id – Penyaluran air bersih ke rumah warga hingga kini belum maksimal setelah musibah banjir melanda Anambas. Saat ini, banyak pipa induk yang pecah akibat diterjang banjir baik itu saluran pipa lama maupun pipa yang baru.

Pantauan di lapangan setelah banjir melanda kota Tarempa, hingga beberapa hari saluran air bersih mati total. Banyak warga membeli air galon untuk mencukupi kebutuhan hidup seperti untuk mandi maupun kebutuhan didapur. Meski sekarang ini sudah mulai mengalir namun belum normal seperti biasa.

Salah satu petugas air, Parlan, menjelaskan sedikitnya 10 titik pipa yang rusak. Seperti di Batu Tambun dan Batu Tabir Desa Tarempa Selatan. “Ada sekitar 10 titik pipa induk yang pecah, sekarang masih dalam proses perbaikan,” ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Pihaknya sempat kewalahan karena titik lokasi pipa yang pecah dimedan yang sulit sehingga petugas kesulitan menyambung pipa itu. “Rata-rata yang pecah itu saluran yang berada dialiran sungai,” ungkapnya lagi.

Penjaga air bersih pipa lama Iwan, mengungkapkan banyak juga pipa lama yang pecah tapi tidak sebanyak pipa air yang baru. Saat ini perbaikan sudah selesai dilakukan. “Untuk perbaikan pipa lama sudah selesai,” ungkap Iwan kemarin.

Dirinya menambahkan jika saat ini masih ada saluran pipa induk di Gudang Tengah, Desa Tarempa Selatan yang belum disambung. Dari informasi yang dia dapat, kemungkinan baru akan disambung besok. “Informasinya besok baru akan disambung, jadi untuk pipa baru masih belum normal,” tambahnya. (sya)

Update