Kamis, 25 April 2024

20 Pejabat Ikut Lelang Jabatan

Berita Terkait

batampos.co.id – Panitia seleksi (Pansel) lelang jabatan untuk eselon dua yang akan menjabat sebagai kepala badan dan kepala dinas, Selasa (23/1) resmi ditutup. Peserta yang melamar dan dinyatakan lulus berkas administrasi sebanyaik 20 orang yang saat ini duduk sebagai pejabat eselon tiga.

”Hari ini (kemarin, red) pejabat yang menjadi peserta untuk mengikuti lelang jabatan lima OPD sebanyak 20 orang. Semuanya berasal dari pejabat eselon tiga. Mulai dari sekretaris di badan dan dinas serta ada juga yang menjabat sebagai kepala bidang. Dan, berdasarkan pemeriksaan administrasi semuanya dinyatakan lulus,” ujar Ketua Pansel Lelang Jabatan Pemerintah Kabupaten Karimun, M Firmansyah, Kamis (25/1).

Tahapan selanjutnya yang harus diikuti oleh peserta pada Rabu (31/1) pekan depan. Pada waktu tersebut memang semua peserta wajib hadir. Karena, akan langsung dilakukan pemaparan bersama dengan makalah dari masing-masing peserta. Dan, untuk pembuatan makalah apakah akan langsung dibuat oleh peserta setelah paparan dilakukan atau ada kebijakan lain.

”Yang jelas, semua ketentuan yang yang sudah dijadwalkan untuk lelang jabatan ini harus diikuti olehs emua peswerta. Jika ada yang tidak mengikuti dari salah satunya, maka dipastikan gagal. Dan, untuk tim penguji dari Kabupaten Karimun hanya satu orang. Kemudian, juga dibantu dengan akademisi serta Kepala BKD SDM Provinsi Kepri. Pentingnya lelang jabatan untuk mengetahui kemampuan peserta yang melamar pada OPD tertentu,” papar Firman yang juga Sekda Kabupaten Karimun.

Dilanjutkanya, berdasarkan data yang melamar pada lima OPD tidak hanya satu orang melamar ke satu OPD yang dilelang. Rata-rata satu orang melamar untuk dua OPD. Yakni, untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) diikuti 7 peserta, Dinas Sosial (Dinsos) 9 peserta dan Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan 4 peserta. Kemuidian, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Disdalduk KB PPPA) diikuti 7 orang serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) 6 peserta.

Menyinggung tentang adanya satu peserta yang mengikuti lelang jabatan dari lingkungan Pemprov Kepri, Fiman menyebutkan, memang kegiatan lelang jabatan yang dilakukan kali ini terbuka se Provinsi Kepri. ”Sehingga, wajar jika ada dari luar yang ikut menjadi pesertanya. Satu perserta yang mengukuti lelang jabatan berasal dari Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya. (san)

Update