Selasa, 23 April 2024

Ribuan Pencaker Berebut 21 Lowongan

Berita Terkait

Ribuan pencakar memadati Kantor Disnaker Kota Batam di Sekupang, Kamis (25/1). PT MES Machinery Indonesia membuka lowongan melalui kantor Disnaker di Sekupang. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Ribuan pencari kerja berebut 21 lowongan pekerjaan yang disediakan PT MES Machinery Indonesia (MMI), sebuah perusahaan baru yang bergerak di bidang manufacturing yang berada di Tanjunguncang.

Tidak tanggung-tanggung perusahaan ini bahkan membuat persyaratan yang cukup tinggi, mereka yang diterima nanti harus memiliki pengalaman kerja minimal 15 tahun dimasing-masing bidang yang dibuka.

Kepala Bidang Penempatan, Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Syafrialdi mengatakan lowongan yang dibuka diperuntukkan bagi mereka yang akan ditempatkan sebagai leader. “Perusahaan belum beroperasi, makanya untuk tahap awal ini mereka mencari pemimpin masing-masing bidang,” kata dia, Kamis (25/1).

Untuk penerimaan kali ini, perusahaan meminta bantuan pihaknya untuk menerima lamaran pencari kerja, serta memastikan pelamar memenuhi kriteria yang ditentukan. “Jadi kami membantu seleksi administrasi saja, selebihnya diserahkan ke perusahaan untuk memilih 21 orang tersebut,” jelasnya.

Ia menyebutkan ada enam bidang yang dibuka untuk saat ini yakni, welder, fiter, maintenance, cutting, rigger dan warehouse. Surat lamaran yang diterima adalah mereka yang memiliki pengalaman minimal 15 tahun, AK1, serta memiliki sertifikat di bidangnya.

Pendaftaran yang telah dibuka sejak Selasa (23/1) ini diikuti sedikitnya 1200 lebih pelamar yang sudah berpengalaman. “Hari ini (kemarin, red) terakhir, dan paling banyak pelamar yang mengajukan lamarannya,” terang dia.

Syafrialdi mengungkapkan meskipun tenaga yang dibutuhkan tidak banyak untuk level leader ini, dia sangat berharap saat perusahaan ini sudah aktiv bisa menyerap ribuan tenaga kerja yang ada di Batam tentunya.

“Ya semoga dalam waktu dekat ini ada pembukaan lagi, jadi bisa menyerap tenaga kerja,” sebutnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan pelamar yang diterima akan menerima gaji pokok Rp 5,3 juta perbulannya. Hasil seleksi akan diumumkan Jumat (26/1).

Salah seorang pelamar, Ghafur menuturkan mendapatkan informasi dari pesan singkat teman sesama kerjanya dulu. Pria yang sudah memiliki pengalaman selama 20 tahun ini dan sebelumnya pernah bekerja di Mc Dermot hingga Nippon Steel ini sangat berharap bisa mendapatkan pekerjaan di PT MMES ini.

“Pengalaman saya sudah memenuhi, tinggal seleksi saja lagi,” ujar pria yang membuka usaha mini market pasca di PHK tahun 2014 lalu ini.

Sementara itu, ratusan pelamar berdesakan di kantor Disnaker Batam, Kamis (25/1). Tidak sedikit yang memaksa agar berkas mereka diterima, meskipun waktu pendaftaran sudah tutup. (yui)

Update