Rabu, 24 April 2024

Lingga Miliki Lahan Potensial untuk Pertanian

Berita Terkait

Bupati Lingga Alias Wello bersama ketua PKK Kabupaten Lingga Heryulita saat memanen padi. F. Wijaya Satria/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Lingga Alias Wello memberikan aparesiasi terhadap keberhasilan seluruh Mahasiswa Program Diploma I Istitut Pertanian Bogor (IPB) dengan menghadiri panen perdana padi gogo di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Jumat (26/1) pagi.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh Mahasiswa yang tidak lain adalah purta daerah yang telah berhasil memanfaatkan lahan untuk menanam padi kualitas gogo di kawasan kering,” ujar Alias Wello, Jumat (26/1) pagi.

Bupati yang akrab disapa Awe ini menekankan, sejak lima bulan terakhir Pemerintah Kabupaten Lingga terus mengawal pendidikan anak daerah yang mengikuti program Diploma I IPB ini. Sehingga pada kesempatan tersebut, seluruh Mahasiswa telah memperlihatkan hasil kerja mereka dengan panen perdana.

Sehingga Alias Wello menginginkan pada September tahun ini Mahasiswa yang akan kembali ke tengah-tengah masyarakat dapat menjadi pelopor dalam memperaktekkan ilmu mereka di dunia pertanian maupun peternakan.

“Keberhasilan panen kali ini jangan dilihat dari seberapa luas lahan yang digarap, namun seberapa besar keberhasilan mereka dalam menerapkan ilmu mereka, merubah tanah yang kering menjadi lahan menghasilkan ekonomi,” kata Alias Wello.

Program pertanian ini, sambung Alias Wello, salah satu fokus utama Pemerintahan Kabupaten Lingga untuk menjadikan wilayah Bunda Tanah Melayu ini menjadi salah satu kawasan lumbung pangan nasional di daerah perbatasan.

Dengan panennya padi gogo perdana buah karya Mahasiswa DI IPB ini, Alias Wello mengaku, kerjanyata ini menjadi salah satu bukti bahwasannya lahan di Kabupaten Lingga jelas memiliki potensi pertanian yang cukup tinggi. Hal ini juga menjadi fokus bagi Pemkab Lingga untuk mendapatkan sejumlah perhatian dan bantuan dari Kementerian Pertanian nantinya.

“Untuk tahun ini, Kementerian Pertanian juga memberikan target sebesar 500 hektare lahan pertanian di Kabupaten Lingga,” kata Alias Wello.

Bupati Lingga juga mengucapkan terimaksih kepada seluruh jajaran dosen pembimbing yang telah membahikan ilmu mereka kepada seluruh Mahasiswa. Begitu juga dengan Direktur Program D1 IPB yabg bersusah payah untuk hadir dalam kegiatan panen perdana kali ini. (wsa)

Update