Sabtu, 20 April 2024

Pertamina Tak Jamin Kualitas BBM di Pengecer Pinggir Jalan

Berita Terkait

batampos.co.id – Sales Executive Retail Wilayah XII, Ida Bagus Ru Adhi Atma Wiguna mengatakan, penjualan BBM dari Pertamina oleh masyarakat tanpa adanya izin niaga migas dari Dirjen Migas adalah ilegal. Sebab, sesuai UU 22 Nomor 2001 menegaskan seluruh pihak yang memperjualbelikan bahan bakar dan mendapatkan keuntungan pribadi dari sana harus mendapatkan izin niaga migas.

“Seluruh pengecer yang tidak dilengkapi dengan ketentuan yang jelas itu ilegal keberadaan. Kami sebenarnya tahu tak satupun yang memiliki izin. Hanya saja yang kami sayangkan belum ada penertiban dari pemerintah daerah atau aparat,” tutur Ida kemarin.

Menurut dia, Pertamina tidak berhak melakukan tindakan kepada penjual eceran ini. Sebab dalam ketentuannya tidak ada regulasi yang mengatur keberadaan penjual eceran. “Makanya bisa dipastikan semuanya (pngecer BBM) itu adalah ilegal,” tegas dia.

Selain itu, Pertamina juga tidak memberi jaminan atas kualitas BBM yang dijual secara eceran di jalan.

“Kalau di Pertamina kami memberikan kontrol yang betul-betul dipastikan bahwa bahan bakar yang dijual di SPBU sejak dikeluarkan dari kilangnya akan sama kualitasnya. Sementara pengecer kami tak bisa pastikan, baik itu sisi penampungan yang menggunakan wadah sederhana,” terang Ida.

Wadah yang dimaksud seperti botol, jeringen. Sementara seperti yang diketahui sifat bahan bakar apabila terkena sinar matahari akan mempengaruhi kualitasnya. “Ini yang mau kita edukasi kepada masyarakat. Memang secara kemudahan orang akan mudah membeli di pinggir jalan. tapi secara kualitas kita kembalikan pada masyarakat, karena tak jaminan sesuai dijual pertamina,” sambung dia.

Dari sisi keamanan, lanjut dia, tidak sedikit kasus pengecer atau pedagang BBM dijalan yang terbakar. Begitu juga dari sisi takaran, tidak ada jaminan takaran yang dijual pengecer akan betul-betul sama dengan takaran yang dijual di pertamina atau SPBU.

“Makanya yang dijual oleh pengecer, kami tak jamin kualitas, dan takaran, sementara dari sisi septi juga tak ada jaminan,” jelasnya. (rng)

Update