Jumat, 29 Maret 2024

Kapolda Kepri Gerakkan Semua Anggota untuk Kurangi Kejahatan Jalanan

Berita Terkait

Anggota polisi bersiaga. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Polda Kepri atensi untuk mencegah dan mengatasi kejahatan jalanan di Kepri. Berbagai program yang diterapkan agar, setiap kejahatan jalanan ini berkurang. Salah satu patroli jalan, baik menggunakan roda empat, roda dua dan jalan kaki.

“Saat ini tidak hanya polisi lalulintas saja yang patroli, tapi seluruh jajaran Polda Kepri,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga, Sabtu (27/1).

Ia mengatakan selain satlantas, jajaran Direktorat Shabara melakukan patroli baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Para Polwan juga digerakan untuk menggelar patroli.

“Engku Putri dan Batara Biru, dua program patroli yang kami giatkan dari tahun lalu,” ucapnya.

Reserese dan intel, kata Erlangga juga melakukan patroli. Namun patroli yang dilakukan dua direktorat ini tidak seperti satuan lainnya. Karena dua satuan ini patroli tanpa menggunakan seragam.

“Pakai pakaian preman mereka. Brimob juga patroli, dengan roda dua,’ ujarnya

Erlangga mengatakan patroli yang dilakukan, tidak hanya memutari jalanan Batam saja. Tapi juga berkomunikasi dengan masyarakat, menanyakan apa yang bisa dibantu pihak kepolisian.

“Patrolinya itu komunikatif, berdialog dengan masyarakat,” tuturnya.

Patroli yang dilakukan setiap direktorat di Polda Kepri ini, kata Erlangga akan dievaluasi setiap bulannya. “Evaluasi ini untuk melihat, apakah kegiatan patroli ini menurunkan kejahatan atau tidak,” ujarnya.

Tapi sejauh ini, kejahatan jalan turun di tahun 2017 bila dibandingkan dengan 2016. Hal ini ditenggarai karena gencarnya patroli yang dilakukan pihak kepolisian.

“Tak hanya Polda Kepri. Tapi seluruh jajarannya, Polresta dan Polsek-Polseknya,” pungkasnya. (ska)

Update