Jumat, 29 Maret 2024

STTI Siap Songsong Kemajuan Teknologi

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang mewisuda 108 sarjana dari jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika, di Hotel Aston, Sabtu (27/1) lalu. Ada empat sarjana di antaranya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Ketua STTI Tanjungpinang, Lois Frederik berharap, seluruh lulusan di sekolah tinggi pimpinannya kelak menjadi barisan generasi yang siap menyongsong kemajuan teknologi. Apalagi kini seluruh pertumpuan kemajuan ekonomi global adalah teknologi.

“Lihat saja bagaimana sekarang taksi konvensional dituntut mampu bersaing dengan taksi online yang didukung kemajuan teknologi itu,” ujar Lois.

Kemudian, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza yang didapuk menyampaikan orasi ilmiah, juga menyampaikan hal senada. Teknologi yang kini maju sedemikian pesatnya harus dimanfaatkan oleh sumber daya manusia yang terlatih agar mampu memberi dampak positif dalam perkembangan suatu daerah ke depan.

“Dengan begitu, harapan terwujudnya Smart City di Tanjungpinang ini bisa semakin mendekati kenyataan. Tentu apabila generasi muda yang melek teknologi ini dapat memaksimalkan peran dan ilmunya untuk kemajuan kota kita,” kata Ariza.

Gubernur Nurdin sejatinya diundang untuk menghadiri inagurasi sarjana teknologi ini. Namun, karena ada hajatan lain di luar daerah, ia digantikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum.

Bagi Syamsul, keberhasilan STTI Tanjungpinang melahirkan lulusan sarjana yang berkemampuan teknologi ini merupakan langkah penting sekaligus potensi besar bagi daerah. Peran mereka, sambung Syamsul, akan amat fundamental dalam kerja pembangunan daerah ini ke depannya, utamanya pembangunan berbasis teknologi sebagaimana yang kini marak digaungkan di seantero negeri. Maka dari itu, ilmu yang dipunya diharapkan mampu diimplementasikan dalam wujud kontribusi nyata buat daerah.

“Karena ijazah jadi tidak bermakna ketika kita tidak berhasil mampu memberikan dampak positif buat daerah tempat kita tinggal,” pungkas Syamsul. (aya)

Update