Ilustrasi pelamar kerja. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Meskipun di akhir pekan kawasan industri Batamindo masih tetap diburu para pencari kerja (Pencaker). Padahal mereka tahu, setiap akhir pekkan sangat jarang sekali perusahaan yang buka lowongan kerja.

“Biasanya buka Senin sampai Jumat. Namun tak jarang juga ada yang buka di hari Minggu, nasib-nasiban juga,” tutur Hengki, warga Sagulung saat mencoba peruntungannya di Comunity Center (CC) di Batamindo, Minggu (28/1).

Ia mengatakan, selama tujuh bulan di Batam sudah berkali-kali memasukkan lamaran ke perusahaan yang ada di kawasan tersebut. Namun sampai sekarang belum ada panggilan. Berbeda dengan rekannya yang sekarang sudah bekerja.

“Teman saya untung-untungan juga, pas datang Minggu ada buka, langsung tes dan tiga harinya bekerja,” sebut dia.

Sementara itu, Jejep pencaker lainnya mengatakan, hampir setiap hari mendatangi Batamindo untuk mencari kerjaan. Namun banyak perusahaan yang membuka lowongan hanya untuk perempuan. Bahkan untuk laki-laki sangat jarang sekali.

“Perbandingannya 5 banding 1. Kalau ada buka 6 perusaahan, hanya satu terima laki-laki,” kata Jejep.

Berbeda dengan Hengki, Jejep sudah beberapa kali kerja di kawasan industri ini. Terakhir di Rapala, ia disana hanya dua tahun saja setelah kontraknya tidak diperpanjang pihak perusahaan. Sambil menunggu panggilan kerja baru ia saat ini berjualan dengan keluarganya. “Walaupun ada pengalaman tak menjamin juga bisa bekerja,” tuturnya.

Dari harapan para pencaker ini mereka menginginkan pemerintah bisa menyediakan pekerjaan bagi mereka.

“Kalau tak bekerja begini sementara kita butuh biaya sehari-hari. Makanya tiap hari kami kesini,” sambung dia.

Salah seorang sekuriti di Batamindo yang enggan disebutkan namanya juga membenarikan jika setiap akhir pekan sangat jarang perushaan membuka lowongan. Namun tak sedikit juga para pencaker datang untuk mencari informasi.

“Biasanya Senin sampai Jumat saja, kalau akhir pekan sangat jarang,” sebutnya.

Diakuinya banyak pencaker di akhir pekan kebayakan hanya untuk sekedar mencari informasi saja.

“Karena ada juga yang ditempel di hari Minggu. Tergantung perusahaannya lah mas,” singkat dia. (rng)

Respon Anda?

komentar