Sabtu, 20 April 2024

Wisata Mangrove Sembari Menyantap Seafood

Berita Terkait

Watawan menaiki speed dalam tour mangrove usai menyantap
makanan di kelong mangrove restauran, yang dibuka pada Minggu (28/1). F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Wisatawan mancanegara dan nusantara yang berlibur ke Kawasan Pariwisata Terpadu Lagoi dan sekitarnya semakin dimanjakan. Betapa tidak, selain mengelilingi hutan mangrove, wisatawan juga bisa mencicipi masakan seafood langsung dari kelongnya di Kelong Mangrove Restoran di Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong, Bintan.

Ketua pelaksana pembukaan Kelong Mangrove Restauran, Minggu (28/1), Iwan Lihwa menyampaikan, Kelong Mangrove Restauran memiliki konsep yang unik dan berbeda dari kelong lainnya, karena wisatawan tidak sekedar diajak berkeliling melihat keindahan hutan mangrove dan kunang kunang pada malam hari di Desa wisata Desa Sebong Lagoi, namun juga bisa menikmati kuliner di tepian anak sungai hutan mangrove.

Ia mengatakan, kehadiran kelong ini di lokasi objek wisata hutan mengrove tidak lain untuk menambah angka kunjungan wisatawan yang ke kawasan pariwisata di Lagoi dan sekitarnya, umumnya ke Kabupaten Bintan.

Asisten II Setdakab Bintan Mardiah mengatakan, pemerintah sangat mendukung hadirnya sebuah usaha baru di kabupaten bintan. Terlebih, kehadiran usaha seperti ini mampu memberikan efek yang luas bagi masyarakat di Kabupaten Bintan. Selain penyerapan tenaga kerja, tentunya pemasukan sektor pajak juga akan meningkat di Kabupaten
Bintan.

Selain itu, masyarakat nelayan yang mencari ikan, sotong atau udang, menurutnya juga akan terbantu. Sebab, kehadiran kelong mangrove mampu menampung hasil tangkapan masyarakat nelayan. “Saya harapkan ke depan menjadi paket wisata, jadi wisatawan yang datang tidak saja menginap, tapi wisata mangrove sambil menikmati masakan khas bintan,” harapnya.

Sementara itu, Manager Operasional Kelong Mangrove, Hengky menambahkan, investasi awal kelong mangrove lebih dari Rp 1 miliar dan telah menyerap tenaga kerja lokal sekitar 17 orang. Ia berharap usaha kelong mangrove semakin berkembang.

Dalam kesempatan itu, mardiah memukul gong sebagai tanda dibukanya kelong mangrove restauran yang terletak di kawasan wisata mangrove desa sebong lagoi, kecamatan teluk bintan pada Minggu (28/1). Lalu, tamu undangan diajak keliling mangrove. (met)

 

 

Update