batampos.co.id – Komitmen Pemkab Lingga menyatukan seluruh daerah dan pulau yang ada di Bumi Bunda Tanah Melayu ini dengan jaringan komunikasi terlihat jelas. Pada tahun ini, Kominfo Kabupaten Lingga bekerja sama dengan pihak operator berencana akan mengakomodir kebutuhan telekomunikasi di sejumlah daerah dan pulau seperti Desa Tanjungkelit, Pelabuhan Sei Tenam, Desa Mentude, Desa Batu Belubang, Desa Kudung, Desa Belungkur, dan Desa Teluk.

“Kami harapkan tahun ini daerah-daerah yang belum terakomodir dapat dilakukan pembangunan tower atau kabel optik,” ujar Kabag Kominfo dan Humas Pemkab Lingga, Sabirin, Senin (29/1) pagi.

Yang jelas, sambung Sabirin, untuk peningkatan layanan dari 3G menjadi 4G pada 2018 ini akan dilakukan pada daerah di kawasan Pelabuhan Tanjungbuton, Pelabuhan Jagoh dan Senayang. Untuk layanan 4G telah ada di empat daerah yakni seputaran Kota Dabo dan dan tiga site di seputaran Kota Daik.

Dengan adanya penambahan dan peningkatan kualitas layanan ini, Sabirin mengharapkan, semakin memperkecil daerah yang belum dapat terlayani jaringan telekomunikasi. Selain itu dapat mempermudah masyarakat Lingga dalam meangkses informasi serta mengetahui perkembangan kondisi luar.

Pada tahun sebelumnya, Sabirin menambahkan, kalau pembangunan tower telah berjalan di Desa Batu Berdaun, Bukit Cening, Desa Penuba, Desa Kerandin, Desa Tanjung Bungsu dan Desa Rantau Panjang. Untuk

Sabirin juga mengaku telah mendapat informasi dari pihak Telkomsel SPV RTPO Tanjungpinang Yurianda Syahputra Pane. Dia mengatakan, pada 2018, Telkomsel akan terus melakukan pembangunan untuk perluasan area (coverage) dan peningkatan layanan di area Kabupaten Lingga.

Namun, untuk perluasan jaringan ini, Telkomsel meminta dukungan dari Pemkab Lingga seperti ketersediaan lahan dan listrik sebagai keperluan utama pada dunia telekomunikasi.

Selain itu, Kementrian Kominfo akan melakukan pembangunan program Universal Service Obligation (USO) pada tahun ini khusus di daerah Pekajang. (wsa)

Respon Anda?

komentar