Rabu, 17 April 2024

KPPAD Kepri Imbau Orangtua Bekali Anak

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Awal tahun 2018, kasus penculikan cukup marak. Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu, seorang anak berinisial Gn, warga Perumahan Cipta Garden, Tiban, sekupang yang menjadi korban penculikan. Beruntung bocah 10 tahun itu, bisa selamat.

Terkait hal itu, Komisioner Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri meminta kepada orangtua untuk membekali anak-anak mereka untuk mengantisipasi penculikan dan kekerasan pada anak.

“Anak-anak kan tidak bisa dikawal terus, artinya orangtua harus memberikan bimbingan seperti tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal,” ujar Komisioner Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri Erry Syarial, Senin (29/1).

Selain itu, orang tua juga disarankan untuk bisa mendampingi anak, baik itu disaat pulang sekolah, pulang mengaji dan juga saat bermain di perumahan.

” Bukan hanya mencegah penculikan kepada anak, tapi menjaga anak dari korban pencabulan dan lain-lainnya,” kata Erry.

Anak juga disarankan untuk bisa menghafal nomor orang tuanya. Hal itu dilakukan jika anak tersebut mengadapi situasi yang tak diinginkan. “Anak bisa meminta batuan kepada orang lain untuk membantu menghubungi orangtuanya. Jadi mengatasi kasus penculikan ini, perlu pembekalan dari orangtua pada anak,” ujarnya.jelasnya.

Sementara itu, terkait pelaku penculikan terhadapt Gn, ia berharap pihak kepolisian agar secepatnya mengusut dan menangkap pelakunya. Sebab, isu mengenai penculikan anak membuat masyarakat Batam resah.

“Mudah-mudahan pelaku segera di tangkap dan diamankan pihak kepolisian,” tutupnya. (une)

Update