Sabtu, 20 April 2024

KTP dan KTA Lupa Dikantongi, Ketua NasDem Kelimpungan

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Kepri, Nurdin Basirun sempat kelimpungan menghadapi verifikasi faktual kepengurusan partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Pasalnya adalah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) lupa dikantongi saat mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Senin (29/1).

“Di hari pertama ini (kemarin,red) kami dijadwalkan melakukan beberapa verifikasi faktual ke sejumlah Parpol tingkat Provinsi Kepri. Salah satunya adalah Partai NasDem,” ujar Ridarman Bai, Divisi Hukum KPU Provinsi Kepri, kemarin.

Menurut Ridarman, KPU Kepri sudah membantu lima tim kerja dalam melakukan verifikasi faktual ini. Adapun ketentuan-ketentuan yang dicek kelengkapannya adalah, sekretariat partai, kartu tanda anggota, dan keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan tersebut.

“Kami tadi (kemarin,red) sudah melakukan verifikasi ke Partai NasDem. Secara admistrasi yang belum lengkap adalah KTP dan KTA Ketua Partai NasDem yang harus kami cocokkan,” papar Ridarman.

Dijelaskannya, lantaran belum lengkapnya hal itu, maka Ketua Partai NasDem Kepri, Nurdin Basirun bersama sejumlah anggota memilih untuk mendatangi KPU Kepri. Kenyataannya, Ketua Partai tersebut lupa mengantongi KTP dan KTA. Sehingga meminta waktu.

“Dari hasil sementara, kekurangnnya hanya mencocokkan dengan asli saja. Makanya dinamakan verifikasi faktual,” paparnya lagi.

Ditambahkannya, untuk hari pertama, Parpol yang dijadwalkan menjalani verifikasi faktual adalah, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai NasDem, dan Partai Demokrat.

“Kemudian besok (hari ini,red) adalah giliran Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bagi partai yang lengkap akan diterbitkan surat Memenuhi Syarat (MS). Sedangkan yang belum adalah Belum Memenuhi Syarat (BMS). Deadline perbaikan sampai 2 Februari mendatang,” tutup Ridarman.

Sementara itu, Ketua Partai NasDem Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, kesibukan dirinya sebagai seorang Gubernur, membuat ia lupa dengan indentitas kependudukannya. Apalagi dalam berpergian juga jarang menggunakan identitas tersebut.

“Biasanya saja simpan di dalam tas. Kenyataan hari ini (kemarin,red) saya membawa tas yang berbeda. Maka minta waktu untuk pulang mencari KTP dan KTA,” ujar Nurdin Basirun.

Disebutkannya, tidak hadirnya dirinya pada saat verifikasi di Kantor DPW NasDem Kepri lebih disebabkan adanya kegiatan Konvensi Daerah-Daerah Kepulauan di Batam. Menurut Nurdin, kegiatan tersebut sangat penting, karena menyangkut masa depan Provinsi Kepri ke depan.

“Tadi adik-adik wartawan di Batam juga tidak sempat saya layani. Karena harus buru-buru ke sini (KPU,red),” papar mantan Bupati Karimun itu.(jpg)

Update