Kamis, 25 April 2024

Tak Ada Penambahan CCTV Tahun Ini, Defisit

Berita Terkait

Teknisi sedang memasang kamera pengawas atau CCTv

batampos.co.id – Rencana Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Batam untuk menambah kamera pengawaS CCTv harus tertunda karena minimnya anggaran. Untuk sementara penambahan CCTv di titik-titik rawan yang pernah diusulkan, baru akan terealisasi di tahun depan.

“Tahun 2018 tidak ada penambahan untuk pembangunan CCTV, yang ada hanya langganan sewa Link CCTV saja beserta operatornya. Kita berharap tahun berikutnya bisa bertahap penambahannya, sesuai kemampuan daerah,” ujar Kepala Komimfo Batam, Salim, Senin (29/1).

Menurut Salim, saat ini Kota Batam baru memiliki 36 kamera CCTv di 20 lokasi. CCTv ini dipasang di lokasi-lokasi yang dianggap rawan tindakan kejahatan seperti di Simpang Bank Indonesia, depan pelabuhan Internasional Batamcenter, Batuaji depan SP Plaza dan Nongsa.

“Pengadaan CCTV ini sebagaimana pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2007, dilaksanakan secara bertahap dan dianggarkan dari APBD kota Batam,” terang Salim.

Selain bersumber dari APBD, ia mengaku sudah melobi pemerintah pusat untuk pengadaan dan penambahan kamera CCTv di Batam. Hanya saja sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

“Kita sudah usulkan, mudah-mudahan ada tambahan dari pusat,” terang Salim.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Batam, Musofa membenarkan jika defisit anggaran membuat pengadaan CCTv tahun ini terpaksa harus ditunda. Padahal dalam pembahasan lalu, dinas terkait sudah mengusulkan, akan tetapi dalam pelaksanaannya terkendala anggaran.

“Penambahan CCTv ini memang sangat diperlukan, sebab CCTv yang ada saat ini belum mengkover seluruh wilayah Batam. Masih banyak titik rawan belum terpasang,” kata Musofa.

Diakui Musofa, pengadaan CCTv sendiri tidak perlu menunggu anggaran tahun depan. Sebab, untuk DED nya sudah ada, sehingga ketika pembahasan anggaran perubahan 2018 bisa diusulkan lagi, sehingga ketika ada kesempatan untuk melelang bisa dilakukan pelelangan.

“Saya kira gak ada masalah di APBD perubahan. DPRD selalu mendukung penambahan CCTv ini, karena sangat besar pengaruhnya dalam meminimalisir tindak kejahatan,” jelas Musofa. (rng)

Update