Sabtu, 20 April 2024

17.613 Balita Dapat Vitamin A

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang akan memberikan kapsul vitamin A gratis kepada balita di pos penimbangan, posyandu, TK, PAUD, dan Puskesmas se-Tanjungpinang, mulai esok Kamis (1/2). Setidaknya pemberian asupan vitamin ini akan diberikan kepada 17.613 balita usia 12-59 bulan dan 2.163 bayi yang ada di Tanjungpinang.

Kepala Dinas KPP dan KB, Rustam menjelaskan, kapsul vitamin A ini sangat penting didapatkan oleh balita agar terhindar dari kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A sendiri, kata dia, bisa mengakibatkan rabun senja yang bila tidak teratasi bisa berlanjut menjadi kebutaan. “Penyakit lain yang bisa timbul pada anak yang kekurangan vitamin A berkelanjutan antara lain adalah mata kering, buta ayam, diare, kulit kering, lebih rentan terhadap campak dan ISPA,” terang Rustam, Selasa (30/1).

Untuk itu Rustam mengimbau kepada segenap orang tua balita di Kota Tanjungpinang untuk dapat mengunjungi posyandu di lingkungan masing-masing, guna mendapatkan vitamin A ini. “Jangan ada satupun anak balita yang tertinggal,” tegasnya.

Adapun vitamin A yang akan diberikan sepanjang Februari ini kepada balita jenis dosis tinggi. Untuk bayi akan diberikan kapsul warna biru berisi 100 ribu IU vitamin A dan untuk balita kapsul warna merah berisi 200 ribu IU vitamin A.

Sejumlah fasilitas pelayanan yang memberikan kapsul vitamin A pada 1 Februari ini antara lain adalah Pos Penimbangan Anyelir Jalan AR Hakim Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Posyandu Merak Jalan Pompa Air Kelurahan Tanjungpinang Timur. TK/PAUD Maranatha Jalan Raya Uban KM 12, TK/PAUD Azhar Jalan Raya Uban Kilometer 12, Posyandu Permata Bunda jalan Pemasyarakatan Tanjungpinang Barat dan Posyandu Mawar Indah Jalan Prambanan Bukit Cermin. “Pemberian kapsul vitamin A di Posyandu lainnya akan mengikuti pada jadwal posyandu masing-masing,” pungkas Rustam. (aya)

Update