foto: Artem Beliaikin – Pexels.com

Tiket pesawat sudah di tangan, tapi budget mendadak menipis di hari menjelang keberangkatan ke Bali? Tenang, tak perlu panik meski uang di dompet hanya tinggal Rp 1 juta saja. Dengan beberapa trik, uang sejumlah ini sudah cukup untuk menikmati liburan seru di Bali selama tiga hari dua malam. Nggak percaya? Begini caranya…

Poppies Lane

Salah satu biaya yang paling menyedot isi dompet adalah akomodasi. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena ada banyak penginapan murah di Bali yang tersebar di banyak lokasi. Yang paling favorit adalah di kawasan Poppies di dekat Pantai Kuta.

Tak sulit mencari penginapan dengan harga mulai Rp 100 ribu per malam di kawasan Poppies. Mau memilih hostel, losmen atau dorm yang satu kamar diisi oleh beberapa orang, semua pilihan tersedia di kawasan ini, untuk pemesanan bisa dengan mudah dilakukan di berbagai situs booking di internet, salah satunya yaitu traveloka.

Selain menjadi pusat penginapan murah di Bali, lokasi Poppies Lane sangat dekat dengan pantai, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati indahnya pantai di Bali. Cukup dengan jalan kaki dari penginapan, pantai sudah menghampar di depan mata.

Sewa Motor
foto: rameramebali.com

Mencari angkutan umum di Bali itu gampang-gampang susah, dan jika hanya mengandalkan taksi atau travel untuk menuju tempat wisata lain di Bali tentu memerlukan biaya besar. Untuk menghemat biaya, sewa motor saja. Dengan harga sewa sekitar Rp 80 ribu per hari, kamu sudah bisa keliling ke banyak tempat tanpa khawatir soal transportasi.

Siapkan KTP dan tanda pengenal lain yang diperlukan untuk menyewa motor di Bali. Biasanya, rentang waktu rental adalah 24 jam. Agar lebih hemat, baru sewa motor pada liburan hari ke-2 saja, sehingga kamu hanya perlu membayar sewa dua hari saja.
Pilih Destinasi Wisata Murah

Sebagian besar pantai di Bali bisa diakses tanpa biaya alias gratis. Beberapa lokasi bisa menjadi pilihan, seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa dan beberapa pantai lainnya.

Kamu juga bisa jalan-jalan ke tempat wisata seperti Garuda Wisnu Kencana yang harga tiketnya hanya Rp 10 ribu saja. Atau menikmati pemandangan indah di Ubud, melihat sawah dan hutan yang sejuk, dan bisa juga liburan ke Tanah Lot yang harga tiketnya sangat terjangkau.

Selebihnya, kamu bisa berkunjung ke galeri, museum dan juga pasar-pasar tradisional di Bali yang cantik. Santai di pantai pun bisa jadi alternatif liburan menyenangkan dan murah di Pulau Dewata ini.

Dengan budget sekitar Rp 200 ribu, kamu sudah berwisata ke banyak tempat di Bali. Asyik kan?

Pilih Makanan Murah
foto:zomato.com

Bali tidak hanya punya resto dan café yang cantik dan cozy, tapi juga ada banyak warung tradisional dengan harga murah dan rasa yang lezat. Selain hemat, makan di warung tradisional juga menjadi kesempatanmu untuk mencicip kuliner asli Bali dengan rasa yang otentik.

Beberapa kuliner seperti Nasi Pedas Bu Andika yang terletak tak jauh dari Joger bisa jadi pilihan. Harganya murah meriah, dan porsinya sangat mengenyangkan.

Selain itu, Nasi Ikan Goreng Mak Beng di Sanur juga tidak boleh kamu lewatkan. Menu ini harganya cukup mahal, sekitar Rp 40 ribu per porsi. Namun harga itu sepadan dengan rasa yang diberikan dan pantas untuk dibeli meski kamu harus menempuh jarak cukup jauh untuk menuju warungnya.

Dengan budget Rp 300 ribu, kamu sudah bisa kenyang selama tiga hari dua malam.
Jika ditotal, kamu hanya perlu Rp 860 ribu untuk liburan di Bali. Sisanya, bisa dipakai buat beli oleh-oleh. (*)

Respon Anda?

komentar