batampos.co.id – Komisi IV DPRD Kota Batam menyoroti minimnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun ini. Sebab, dari 45 SMP negeri, hanya sembilan sekolah saja yang bisa melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut.

“Sesungguhnya kami kecewa dengan pelaksanaan UNBK tahun ini. Seperti yang disampaikan Pak Muslim (Kepala Dinas Pendidikan) memang tak ada perubahan, hanya 9 sekolah saja, Padahal kriteria sekolah maju itu berbasis teknologi,” sesal Aman, anggota Komisi IV DPRD Batam, Jumat (9/2).

Diakui Aman, tidak ada penambahan sekolah yang menerapkan UNBK disebabkan ketersedian perangkat ujian di masing-masing sekolah. Padahal, kata dia, DPRD Batam sudah jauh-jauh hari mendorong agar Dinas Pendidikan menganggarkan pengadaan komputer di beberapa SMP untuk menghadapi UNBK.

“Kita minta komputer dan perangkat wifinya dianggarkan. Tapi kemudian tidak disetujui dinas pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, bila dibandingkan dengan daerah lain yang sebagian besar sekolah negerinya sudah menerapkan UNBK, Batam sangat jauh tertinggal. Kondisi ini tentu sangat berbanding terbalik dengan target pemerintah pusat yang menargetkan 75 persen sekolah di Indonesia menerapakan UNBK.

“Persentasenya sangat kecil sekali, hanya 12 persenan. Bayangkan hanya enam sekolah negeri, tiganya lagi menumpang dari 45 sekolah,” paparnya.

Aman berharap pemerintah daerah lebih konsen dalam persiapan UBNK, apalagi UNBK sudah menjadi program nasional pemerintah pusat.

Siswa dan siswi SMPN 37 Tembesi, Sagulung sedang belajar,
Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

“Banyak sekolah yang belum bisa menerapkan UNBK, dan itu tidak disikapi serius oleh pemerintah. Bahkan dianggap kurang penting oleh dinas,” sesalnya.

Terkait alasan defisit anggaran yang pernah disampaikan dinas sebelumnya, Aman menilai sah-sah saja, tapi bukan mengorbankan apa yang mendesak atau dibutuhkan.

“Sebenarnya kalau mau jujur masih ada anggaran di pos lain yang bisa dialihkan ke UNBk, dan tak direspos dengan baik,” jelasnya. (rng)

Respon Anda?

komentar