Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Wapres Republik Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri pameran teknologi tepat guna, tahun lalu. F. Kominfo untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan kembali membuka lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Bintan tahun 2018. Pemenang dalam lomba ini akan diberikan hak paten atas produknya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika yang dihubungi, Minggu (11/2) menjelaskan, lomba ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan ide ide kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap masing masing desa bisa mengikutsertakan perwakilannya.

Untuk mengikuti lomba ini, Ronny menjelaskan, peserta harus berdomisili di Kabupaten Bintan. Lomba tidak hanya diikuti masyarakat, namun bisa kalangan pelajar atau mahasiswa. Selain itu, peserta bukan hanya kelompok melainkan bisa perorangan atau individu. Bagi peserta yang berminat, ia mengatakan, bisa mengambil formulir dan melakukan pendaftaran mulai tanggal 1 Februari di kantornya.

“Pengembalian formulir paling lambat tanggal 31 Maret,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berbagai kreativitas dan inovasi yang menarik telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, seperti karya pelajar SMK Negeri 1 Bintan tentang pemanfaatan limbah bulu ayam untuk pertanian, lalu ada juga produk alarm motor maling yang hanya mengeluarkan biaya Rp 46 ribu, namun memberikan manfaat untuk memperkecil tingkat
kerawanan terhadap pencurian sepeda motor.

Tak hanya itu, ia menambahkan, produk TTG yang belum berhasil pada tahun sebelumnya dapat diikutsertakan kembali namun hadir dengan berbagai penyempurnaan atau inovasi terbaru.

Sedangkan, peserta yang mewakili Kabupaten Bintan di lomba TTG Tingkat Provinsi Kepri dan masuk 3 besar, ia mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi pembuatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Hak Paten terhadap temuan alat teknologi tepat guna tersebut.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi berharap lomba ini mampu memberikan dampak yang positif untuk kemajuan daerah di bidang teknologi melalui berbagai inovasi-inovasi terkini, yang memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dituturkannya juga, Pemkab Bintan sudah amat dikenal baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional atas prestasi dalam inovasi yang diwujudkan dalam sebuah produk saat pameran-pameran. Maka dari itu, dirinya telah meminta agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bintan bisa memfasilitasi hak paten bagi para pemenang agar nantinya bisa mempunyai brand yang bisa mengharumkan nama daerah. (met)

 

Respon Anda?

komentar