Hermes dan Gucci sedang didandani untuk menyambut Imlek di Pet station. F. Faradilla/Batam Pos.

batampos.co.id – Anjing dapat berkah pada perayaan Imlek tahun ini. Bertepatan shio anjing tanah, mereka mendapatkan perawatan, penanganan, serta pelayanan khusus, lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Aktivitas pagi Gucci (2) dan Hermes (1) kemarin, tak sesantai biasanya. Sekitar pukul 10.00 WIB, mereka telah diantarkan ke Jalan Tambak. Sepasang anjing jenis pudel ini, punya temu janji yang tak biasa.
“Mereka mau salonlah, biar cantik, biar wangi pas kumpul keluarga di Imlek nanti,” tutur pemilik Hermes dan Gucci yang membahasakan dirinya sebagai Cece Clara.
Clara mengaku tak sekedar memanjakan hewan peliharaannya ini. Baginya, Hermes dan Gucci merupakan bagian dari keluarga besar mereka. Sehingga tak heran, jika kedua poodle ini pun harus ikut mendapatkan keistimewaan pada Imlek nanti.
Berhubung, lanjut Clara, Hermes dan Gucci bakal ikut kemana pun keluarga pergi, tentu penampilannya harus prima dan sedap dipandang mata.
Menunjang penampilan selama Imlek mendatang, Hermes dan Gucci pun telah memiliki banyak baju. Masing-masing 30 pasang pakaian yang bakal dipakai untuk merayakan Tahun Baru Cina ini. Mulai dari kostum tradisional, cheongsam hingga baju santai untuk berjalan-jalan nanti.
“Hadiah juga udah ada. Tinggal punya Hermes yang masih dalam pengiriman,” sambung Clara.
Sepasang anjing yang memiliki akun Instagram, @gucci_toypoodle ini, telah mendapatkan hadiah tahun barunya. Masing-masing, mendapatkan tempat tidur dengan hiasan unik. Gucci dengan tempat tidur bertema putri kerajaan, berwarna merah jambu lengkap dengan kelambunya. Sementara Hermes, mendapatkan tempat tidur bertema mobil-mobilan.
Kedua hewan menggemaskan ini juga telah mendapatkan penataan rambut lebih dulu, beberapa waktu sebelumnya. Tahun ini, Hermes yang baru saja berulang tahun tiga hari lalu, mendapatkan potongan rambut bermodel bulat. Sementara Gucci, pasangan yang betina, mendapatkan tatanan rambut lebih panjang lengkap dengan poni di atas matanya.
Di salon hewan, Pet Station milik Ah Bao (30) ini, kedua anjing lucu lantas didandani. Mulai dari dimandikan, dibersihkan kuku dan telingnya. Tak lupa menyisir kembali bulu-bulu lembut nan panjangnya, agar tak menggimbal.
Proses dandan dasar telah dilakukan. Selanjutnya sentuhan akhir juga tak lupa diberikan. Mengingat, kunjungan salon kali ini spesial edisi Imlek. Yakni menggunakan kuteks.
Berbeda dengan kuteks yang umum digunakan manusia pada umumnya. Kuteks pada hewan tidak dilakukan dengan mengoleskan kuas kecil pada kuku anjing ini.
“Bahannya plastik lentur dan warna-warni begini. Jadi kami bantu pasangkan ke anjingnya,” terang Ah Bao.
Bentuknya yang telah menyerupai kuku dengan bolongan pada pangkalnya. Sehingga dapat dimasukkan ke kuku anjing. Sehingga tidak terlepas, meski anjing kerap menjilat kakinya.
Usai memberikan pelayanan pada Hermes dan Gucci, Ah Bao masih harus melanjutkan pelayanan pada pelanggan lainnya. Menyambut Imlek , pria pemilik usaha salon dan kelengkapan kebutuhan hewan ini mengaku pelanggannya kian ramai.
Dalam satu hari, ia bahkan melayani tiga ekor hewan peliharaan, yang telah menjadi pelanggannya. Mulai dari jam 10 pagi, hingga pukul 5 sore, menjadi batas waktu penerimaan. Dikarenakan satu ekor, membutuhkan penanganan sentuhannya hingga satu jam. Bahkan terkadang lebih.
Sementara menyambut Imlek, permintaan layanan tak sekedar grooming (dandan, red) dasar saja. Seperti Hermes dan Gucci, tak sedikit pula yang meminta agar peliharaanya dipakaikan kuteks. Selain itu, Ah Bao mengaku, permintaan untuk melakukan semir pun mengalami peningkatan di hari-hari besar.
“Banyak dan beda-beda biasanya. Ada yang minta potong rambut macam-macam model. Ada juga yang grooming khusus, jadi lebih lama lagi prosesnya. Jadi kalau mau imlek gini, banya permintaan perawatan dan semakin banyak juga yang datang,” tutur dia lagi.
Tidak sekedar melayani banyaknya pelanggan yang bersalon, Ah Bao bahkan juga menyediakan kue mueh imlek khusus anjing. Sepintas, kue-kue tersebut selayaknya kue yang biasa dihidang. Namun kandungan kue buatan rumahan ini, ternyata telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan untuk anjing. Sehingga bahan-bahan yang terdapat di dalamnya, aman untuk dikonsumsi hewan berbulu ini.
Ragamnya pun banyak. Ada keju, kacang, dan salmon. “Semuanya khusus kalau pas Imlek saja. Kalau hari-hari biasa, paling snack-snack kemasan saja. Jadi terasa spesialnya, snack kalaudi hari besar,” pungkas Ah Bao. (aya)