Jumat, 29 Maret 2024

10 Ribu Blanko KTP Tiba di Batam

Berita Terkait

Budiyanto, 33, melihat berkas e-KTP di kantor Camat, Sagulung, Kamis (15/2). KTP warga menumpuk di Kecamatan Sagulung sebanyak 18 ribu lebih karena tidak adanya blanko KTP. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam kembali mendapatkan 10 ribu blanko e-KTP dari pusat Kamis (15/2). Kadisdukcapil Said Khaidar, mengatakan rencananya sebagian besar blanko ini akan langsung didistribusikan untuk Kecamatan Batamkota.

“Hari ini blanko datang lagi. Sebagian besar dialokasikan untuk Kecamatan Batamkota, sebagainnya lagi untuk Kecamatan yang jumlah penumpukannya tak lebih dari 1000 berkas,” ujar Said di ruangannya.

Said mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan blanko e-KTP di setiap Kecamatan yang ada. Saat ini setiap blanko yang didapatkan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) langsung diberikan seluruhnya ke satu Kecamatan. Hal tersebut dinilai lebih efisien ketimbang harus membagi-bagi blanko ke setiap Kecamatan yang ada di Batam.

“Dulu setiap mendapatkan blanko e-KTP, tiap Kecamatan diberikan 500 hingga 1000 blanko. Akan tetapi dinilai tak memberikan solusi, maka dari itu sekarang kami berusaha menyelesaikan satu persatu kebutuhan di tiap Kecamatan,” katanya.

Ia menyebutkan, hingga saat ini sudah ada enam Kecamatan yang kebutuhan blankonya sudah diselesaikan. Enam kecamatan tersebut adalah Belakang Padang, Galang, Bulang, Nongsa, Batuampar dan Batuaji. Untuk itu, masyarakat yang ada di Kecamatan tersebut diimbau untuk mendatangi kantor Camat agar mengambil eKTP yang telah selesai dicetak.

“Tentunya kami berharap permasalahan blanko e-KTP ini sudah selesai pada akhir tahun nanti,” jelasnya.

Pihaknya pun berusaha untuk selalu mengajukan blanko eKTP kepada Kemendagri dan Dirjendukcapil setiap minggunya.

“Maka sebelum stok blanko habis, kami langsung mengirimkan pengajuan permintaan blanko lagi ke Kemendagri,” tutupnya.

Kedatangan blanko e-KTP ini disambut baik Camat Batamkota Muhammad Fairuz Batubara, karena alokasi kali ini diperuntukkan bagi warga yang tinggal di kecamatan yang dia pimpin.

“Alhamdulillah, setelah Batuaji, kali ini kami yang diberikan alokasi 10 ribu keping blanko,” kata dia.

Ia mengatakan sudah menyerahkan data tunggu yang ada di Batamkota saat ini kepada Disdukcapil untuk bisa diproses. “Untuk waktunya tegantung dari Disduk, karena mereka yang mencetakk, kami tinggal menunggu siapnya saja,” sebut mantan Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam ini.

Ia menambahkan pengajuan pembutan e-KTP terus ada setiap harinya. Berdasarkan data yang sudah tersimpan di Disdukcapil ada sedikitnya sembilan ribu lebih tumpukan yang siap dicetak.

“Ya, seiring berjalan waktu jumlahnya bertambah terus, karena tiap hari ada pengajuan yang masuk. Di luar yang kami yang terdata di Disdukcapil. Namun demikian pihaknya sangat senang tumpukan akan berkurang dengan pengalokasian tambahan blanko ini,” tutupnya.(une/yui)

Update