Kamis, 18 April 2024

Dana Bergulir Harus Tepat Sasaran

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – DPRD kota Batam mendukung Pemko Batam yang terus menyalurkan dana bergulir. Tetapi diharapkan penyalurannya bisa tepat sasaran. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang banyak kredit macet. Bahkan totalnya diperkirakan nilainya mencapai Rp 6,5 miliar.

“Jangan terulang seperti kasus-kasus sebelumnya. Banyak penerima yang tidak jelas. Bahkan keberadaannya kini tak diketahui oleh Pemko,” kata anggota komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba, Jumat (16/2).

Apalagi menurut Rindo, jumlah penerima dana bergulir di 2018 hingga Februari baru belasan orang tetapo nilainya sudah miliaran. Artinya setiap peminjam mengajukan pinjaman besar.

“Kalau saya berharap pinjaman per orang jangan terlalu besar dan yang meminjam harusnya UMKM bukan badan usaha yang sudah besar. Intinya saya berharap, dana bergulir ini harus tepat sasaran,” katanya.

Politikus Gerindra tersebut akan tetap mendorong untuk dilakukan rapat dengan Pemko Batam untuk membuka siapa-siapa saja pihak yang tidak membayar dana bergulir. Ia berharap Pemko menyiapkan datanya saat RDP berlangsung. Termasuk pemohon dan penerima dana bergulir di tahun ini.

“Harus transparan semua. Jangan ada yang ditutupi. Siapkan datanya lengkap dan semua anggota dewan butuh itu,” katanya.

Menurut Rindo, Pemko harusya serius nenangani dana bergulir ini. Alasannya, masih banyak pelaku usaha kecil yang membutuhkan suntikan dana. Dimana pelaku UMKM saat ini bisa menjadi penopang ekonomi di Batam.

“Jadi menurut saya pinjaman per orang itu sekitar Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. Harus diutamakan pengusaha yang sangat kecil saja, jangan pengusaga yang sudah kategori besar,” katanya.

Sementara kabaghumas dan protokol Pemko Batam Yudi Admaji mengatakan saat ini sudah ada puluhan yang mengajukan diri untuk dana bergulir. Saat ini tim masih melakukan verifikasi. Di mana total pinjaman yang diajukan bilernilain miliaran rupiah.

“Program ini sangat membantu masyarakat kecil makanya ini tetap dipertahankan. Untuk program tahu  ini l, Pemko menyiapkan miliaran rupiah,” katanya. (Ian)

Update