Fenomena halo matahari di Natuna hebohkan warga. Fenomena ini dinilai jarang terjadi dan terlihat meski secara meteorologi adalah fenomena biasa. F. Aulia Rahman/Batam Pos

batampos.co.id– Fenomena halo matahari menghebohkan sebagian warga di Ranai Natuna. Fenomena berbentuk cincin warna pelangi mengelilingi matahari ini terlihat beberapa jam mulai sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (15/2).

Sejumlah warga Ranai mengaku jarang melihat penampakan fenomena halo matahari di Natuna. Dan menganggap sebagai pertanda  alam.

“Mudah-mudahan bukan pertanda buruk. Fenomena itu jarang terlihat di Natuna cukup lama. Cuaca pun cukup pasas, tidak biasa secara langsung dilihat mata telanjang,” ujar Ari Warga Ranai.

Sejumlah warga pun sangat heboh terjadinya fenomena halo matahari. Warga pun ramai mengabadikan gambar halo matahari dengan ponsel. Warga pun merasakan suhu udara cukup panas dari biasanya.

Sementara menurut Perakirawan stasiun BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan, fenomena halo matahari merupakan fenomena alam atau kejadian alam biasa.

Secara teori, fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer.

“Saat terjadi fenomena halo matahari suhu tercatat 29 Drajat celsius. Tapi fenomena halo matahari adalah kejadian biasa,” ujar Asrul.(arn)

Respon Anda?

komentar