Kamis, 28 Maret 2024

Lelang BLK Sudah Berjalan

Berita Terkait

Balai Latihan Kerja (BLK) di Sagulung
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam kembali menyurati Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) terkait kesiapan lahan untuk pembangunan Balai Latih Kerja (BLK) tahun ini.

“Kemarin sudah kami surati kembali tentang kesanggupan Batam untuk dibangunnya BLK tahun ini,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Jumat (16/2).

Rudi menegaskan, sesuai dengan perhitungan lahan yang dilakukan BP Batam, lahan yang akan digunakan untuk membangun BLK nanti tidak masuk dalam hutan lindung.

“Kemarin ada yang bilang itu hutan lindung, kami bisa pastika itu tidak, karena BP Batam sendiri sudah mengeceknya,” ujarnya.

Pasca pengiriman surat kesediaan dibangunnya BLK tahun ini, tim dari Kemenaker kembali meninjau lahan untuk BLK minggu kemarin, dan menyampaikan lelang untuk BLK sudah dimula.

“Mereka sudah mulai lelang. Membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan paling lama untuk proses ini selesai,” imbuh pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam ini.

Ia menyebutkan pembangunan BLK akan dilakukan bertahap. Tahun ini pihak dari Kementerian akan mengucurkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk pembangunan kantor, tempat pelatihan, workshop.

“Penyelesaian pembangunan tahap pertama ini akan diselesaikan dalam waktu kurang lebih tujuh bulan,” ucap pria lulusan UNAND ini.

Disinggung mengenai legalitas lahan yang akan dibangun BLK tersebut, Rudi mengungkapkan tinggal menunggu dari BP Batam saja. Intinya hal ini sudah dibahas bersama.

“Lagi diproses sama mereka (BP Batam,red), yah secepatnya akan dikeluarkan PL lahan tersebut,” tutupnya.(yui)

Update