Jumat, 29 Maret 2024

Harga Sewa Hotel Haji 2018 bakal Naik

Berita Terkait

foto: alarabtravels.co.uk

batampos.co.id – Rangkaian persiapan penyelenggaraan haji 2018 sudah dimulai. Sebelas orang yang tergabung dalam tim pencari pemondokan Kementerian Agama (Kemenag) telah berada di Arab Saudi berburu akomodasi untuk area Makkah maupun Madinah.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menuturkan, tim perumahan haji tahun ini menghadapi tantangan yang berat. Mereka tidak hanya harus mencari pemondokan atau hotel yang sesuai dengan kriteria pemerintah. Di antaranya adalah minimal setara dengan hotel bintang tiga.

“Tim juga harus bersaing dengan negara-negara lain,” kata Lukman saat dihubungi Sabtu (17/2).

Lukman mengatakan, perburuan mencari hotel di Madinah tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Sebab, tahun ini Kemenag menerapkan sistem sewa hotel yang berbeda dengan tahun lalu, khusus untuk wilayah Madinah.

Kemenag memutuskan, tahun ini pemerintah menerapkan sewa satu musim penuh untuk pemondokan di Madinah. Sementara tahun lalu sewa pemondokan di Madinah hanya sesuai dengan kedatangan jamaah saja (blocking time). Sehingga ada kalanya satu hotel di Madinah juga terisi jamaah dari negara lain.

Sistem sewa hotel atau pemondokan untuk satu musim penuh sudah diterapkan sejak dulu untuk wilayah Makkah. Dia mengatakan sistem baru ini diambil untuk menjamin ketersediaan pemondokan di wilayah Madinah.

Sebab, sejak tahun lalu kuota jamaah haji Indonesia kembali normal. Begitupun dengan daya tampung haji secara umum juga kembali normal. Sehingga tingkat kebutuhan pemondokan di Madinah juga naik.

Lukman menjelaskan tim yang mencari pemondokan tahun ini sengaja dikirim lebih dini. Tujuannya supaya bisa mempersiapkan pemondokan dengan baik. Terkait kebutuhan unit kamar, Lukman mengatakan masih sama seperti tahun lalu.

Sebab, kuota haji tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni 221 ribu jamaah. Perinciannya adalah 204 ribu untuk jamaah haji reguler. Adapun untuk haji khusus kuotanya 17 ribu.

Tim ini juga melakukan negosiasi harga. Meskipun ada indikasi harga sewa hotel naik, Lukman belum menerima laporan resmi dari tim di lapangan. Indikasi kenaikan harga itu di antaranya dipicu penerapan pajak 5 persen oleh pemerintah Saudi. Tahun lalu biaya riil untuk sewa pemondokan yang ditanggung jamaah sekitar Rp 3,39 juta/jamaah.

Kasi Penyiapan Akomodasi Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Ihsan Faisal mengatakan setibanya di Arab Saudi, tim langsung berkoordinasi dengan Kantor Urusan Haji (KUH) dan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah. Khusus untuk pemondokan di Madinah, tim ini bertugas mencari pemondokan yang bersedia disewa satu musim penuh. Kemudian diupayakan berada di wilayah markaziyah (radius 500 meter dari masjid Nabawi).

Dirjen PHU Kemenag Nizar yang berada di Saudi mengingatkan supaya tim akomodasi haji bekerja dengan professional, taat aturan, serta pedoman. ’’Semuanya demi peningkatan layanan akomodasi jamaah haji yang lebih baik,’’ katanya melalui pesan singkat. Dia mengatakan tim akomodasi bertugas mencari pemondokan di Makkah dan Madinah selama 89 hari. (wan/ttg/jpg)

Update