Jumat, 29 Maret 2024

Kunjungan Wisman Meningkat

Berita Terkait

Turis.
foto: yulitavia / batampos

batampos.co.id – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang melalui Pelabuhan Ferry Internasional mengalami peningkat bila dibandingkan dengan libur Imlek tahun 2017 lalu. Hal ini disampaikan Pengelola Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Jumarly, Sabtu (17/1).

“Tahun ini banyak wisman barat, selain Singapura yang rutin datang melalui Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang,” kata dia.

Menurutnya wisman tersebut akan berlibur ke salah satu resort yang ada di Pulau Sugi, Kecamatan Moro, Karimun. Mereka biasanya rombongan dan memboyong keluarganya sekaligus untuk berlibur di pulau tersebut.

Ia menyebutkan pasca perayaan Imlek Jumat (16/2) jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan h-1. Berdasarkan data manifest penumpang, jumlah penumpang yang datang mencapai 4.220, sedangkan yang berangkat hanya 1. 244 penumpang.

Menurutnya, dibanding tahun lalu, kenaikan wisman yang masuk lewat PFS mencapai 50 persen. “Yah, mungkin ada destinasi-destinasi baru Kepri yang sekarsng tengah berkembang dan menarik keinginan wisman untuk berkunjung,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bus pariwisata juga terlihat ramai sejak pagi, untuk menjemput tamu mereka. Ia berharap tren positif ini bisa membangkitkan pariwisata yang ada di Batam, Kepri umumnya.

“Kalau ramai semua berimbas, mulai dari transportasi, perbelanjaaan, hingga penginapan,” tutupnya.

Sementara itu, antrian kendaraan hingga ke luar pelabuhan terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang. Konter-konter tiket terlihat juga ramai didatangi calon penumpang.

Kepala Pos Syahbandar PDS, Trino Palapa mengatakan jumlah penumpang yang melalui PDS masih ramai. Libur panjang ini juga dimanfaatkan mereka untuk berkumpul bersama keluarga mereka.

“Masih ramai yang mudik, sebagian memang mudik pasca perayaan tahun baru, karena mau sembahyang arwah di hari kelima imlek,” terangnya.

Menurutnya, pelayaran ramai juga terjadi di PFS, hingga sore kemarin sedikitnya 11 ribu lebih yang masuk dari h-3 jelang Imlek.

“Dua pelabuhan ramai, dan Alhamdulillah pelayaran berjalan dengan baik dan lancar dengan kondisi cuaca yang kondusif,” tutupnya.(yui)

Update