Kamis, 25 April 2024

4 Ribu Orang Kembali ke Batam

Berita Terkait

Arus balik penumpang kapal Fery antar pulau mulai memadati pintu kedatangan Pelabuhan Domestik Sekupang, Minggu (18/2). Penumpang yang kebanyakan warga Tionghoa ini, usai merayakan Imlek di Kampung halamannya. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 4.000 penumpang arus balik memadati Pelabuhan Domestik Sekupang, Minggu (18/2). Pantauan Batam Pos, ribuan orang terlihat keluar dari pintu masuk pelabuhan. Ribuan warga tersebut baru bertolak dari Tanjung Balai, Selat Panjang, Dumai dan juga pulau terdekat lainnya. Sebagian besar mereka adalah keluarga yang membawa serta anak-anak mereka.

“Hari ini pulang, soalnya besok harus bekerja dan anak-anak juga sudah masuk sekolah,” kata Julian, penumpang yang bertolak dari Tanjung Balai.

Kepala Syahbandar PDS, Trino Palapa mengatakan arus balik mudik perayaan Imlek sudah terlihat sejak pagi kemarin. Namun demikian, ia memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi besok, (hari ini, red) dengan jumlah penumpang lebih dari lima ribu orang.

“Warga Batam yang kembali masih baru setengah,” ujar Trino saat dikonfirmasi Batam Pos.

Dia mengatakan ada sekitar 30 armada yang mengangkut kepulangan ribuan penumpang tersebut. Beberapa operator kapal ferry juga akan menyiapkan penambahan kapal operasional jika terjadi lonjakan penumpan saat arus balik besok (hari ini).

Sementara untuk cuaca sendiri, Trino menjelaskan sejauh ini belum ada kendala. Seluruh keberangkatan dan kedatangan berjalan sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Sebelumnya 10 ribu penumpang yang meninggalkan Batam untuk merayakan Imlek di kampung asal mereka. (une)

Update