Ilustrasi

batampos.co.id – Kram saat masa menstruasi tentu menyakitkan. Jangan sampai nyeri justru menyiksa perut dengan melakukan kegiatan yang tidak perlu. Jauhi lima kebiasaan yang bisa membuat perut semakin sakit seperti dilansir dari Pop Sugar, Senin (19/2).

Iklan

Olahraga Tertentu
Menurut Dokter Spesialis Kandungan dari Amerika Serikat Rachel High, DO, penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti berjalan santai di atas treadmill atau latihan seperti yoga dan pilates dapat memperbaiki ketidaknyamanan.

“Namun jika olahraga berlebihan high impact tentu membuat haid makin nyeri,” katanya.

Alkohol dan permen
Alkohol dan permen terkadang memperburuk nyeri haid. “Direkomendasikan untuk membatasi alkohol dan permen atau makanan pencuci mulut karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan nyeri,” kata Ahli Diet dari Houston, Starla Garcia.

Kafein
Kafein telah terbukti memiliki beberapa aktivitas diuretik, yang dapat menyebabkan predisposisi atau kerentanan wanita terhadap dehidrasi. Kafein berpotensi mengiritasi rahim dan meningkatkan kram. Menghindari kafein belum terbukti membaik untuk mengurangi nyeri haid.

Stres
Stres bisa memperburuk perubahan mood. Kebanyakan orang tidak dapat sepenuhnya menghindari stres, tapi mereka bisa mengelolanya dengan yoga, mandi air hangat, atau bermain dengan hewan peliharaan dan hobi lainnya.

Tidak Makan Teratur
Selama haid tetap wajib makan teratur tiga kali sehari. Jika merasa mual, maka harus mencoba beberapa makanan yang lebih kecil dan lebih sering. Telat makan menyebabkan keasaman dan mual perut serta rasa tersinggung. (ika/JPC)