Penumpang yang akan meninggalkan Tanjungbalai pada arus balik Imlek 2018 di pelabuhan Tanjungbalai Karimun. F. Sandi/Batam

batampos.co.id – Pasca libur Imlek 2018, pelabuhan domestik dan Internasional Tanjungbalai Karimun, Minggu (18/2) sejak pukul 06.00 WIB sudah terlihat memadati areal Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Meski kapal pertama tujuan ke Batam dan Singapura baru akan berangkat pada pukul 07.00 WIB.

Iklan

”Kita tahu hari ini (kemarin, red) merupakan hari terakhir libur Imlek. Tentunya akan banyak penumpang yang akan pulang ke Batam. Mengingat, Senin (19/2) sudah mulai aktif lagi bekerja dan anak-anak juga sudah mulai sekolah. Untuk itu, setengah jam sebelum kapal berangkat, saya bersama keluarga sudah harus standby di pelabuhan. Kalau tidak, akan sulit masuk ke dalam ruang tunggu,” ujar Yanto, Minggu (18/2).

Sementara itu, Apui, agen pelayanan feri tujuan Singapura secara terpisah menyebutkan, memang untuk keberangkatan dari Tanjungbalai ke Singapura hari ini (kemarin, red) sudah full semua. ”Bahkan, sudah banyak yang pesan tiket dari Tanjungbalai ke Singapura sejak tiga bulan lalu. Untuk itu, kalau ada yang mau beli tiket berangkat sudah tidak ada lagi. Bahkan, kita juga harus tamnbah ekstra kapal untuk bisa mengangkut penumpang tujuan ke Singapura,” jelasnya.

Salah seorang petugas pelabuhan, Heri menyebutkan, cukup banyak orang Singapura yang akan pulang ke Singpura tapi tidak bisa ikut berangkat. ”Hal ini disebabkan warga SIngapura itu baru mau memberitahukan keberangkatannya. Padahal, penumpang lain sudah memberitahukan rencana keberangkatan sudah sejak beberapa pekan lalu. Akibatnya, warga SIngapura itu harus pulang ke Singapura melalui Batam,” ungkapnya. (san)