Selasa, 19 Maret 2024

Bupati akan Optimalkan Peran UMKM

Berita Terkait

Shanti, salah seorang pelaku usaha mikro yang berjualan luti gendang, jajanan khas Tarempa di salah satu kedai kopi di Jalan Raya Indunsuri, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara. F. Slamet nofasusanto/ Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi mengklaim pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM ) di Kabupaten Bintan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bila tahun 2016 hanya 2.663 pelaku usaha, tahun 2017 sudah mencapai 2.871 pelaku usaha. “Artinya mengalami pertumbuhan sebanyak 238 pelaku usaha pada tahun
2017,” ujar Apri, Minggu (18/2).

Meskipun demikian, Apri mengakui jumlah pelaku usaha di Kabupaten Bintan belum ideal. “Idealnya 3.000 an pelaku usaha atau dua persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bintan sekitar 145 ribu jiwa,” bebernya.

Meskipun demikian, Pemkab Bintan akan terus mengoptimalkan peran pelaku UMKM di Kabupaten Bintan agar bisa memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Selain itu dia juga mengimbau pelaku UMKM terus meningkatkan kualitas produk sehingga memiliki daya saing di pasaran dan bisa menjadi wirausaha yang tangguh dan mandiri. “Pemkab akan terus mencari formula, salah satunya melalui konsep mitra atau menjalin kerjasama serta mengusulkan bunga kredit rendah untuk pelaku UMKM,” kata dia.

Sementara itu, Kadisperindag, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bintan Dian Nusa mengatakan jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Bintan saat ini sekitar 2.500-an. Tahun ini, Disperindag Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bintan akan melakukan pendataan dengan konsentrasi usaha mikro.”Dari 2.500an itu, 500 adalah usaha mikro. Saat ini, Kabupaten mengurusi usaha mikro, sedangkan usaha kecil dan menengah di Provinsi dan usaha skala besar di pusat. Ini sesuai Undang-Undang Nomor 230 tahun 2008 tentang UMKM,” jelas Dian. (met)

Update