Selasa, 19 Maret 2024

Imlek Merajut Kebersamaan dan Kerukunan

Berita Terkait

Suasana warga yang berkunjung di rumah Apeng, pengusaha Tionghoa di Karimun yang menggelar open house saat Imlek, Sabtu (17/2). F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Momen hari raya selalu dimanfaatkan untuk membuka ruang sekaligus bersilaturahmi bersama masyarakat umum melalui open house. Tidak terkecuali Apeng, pengusaha asal Karimun yang menggelar open house di momen Imlek 2569 tahun 2018.

Memasuki hari kedua Imlek, tepatnya Sabtu (17/2) lalu, suasana kemeriahan hari raya umat Tionghoa masih terasa. Nuansa warna merah masih menghiasi rumah maupun toko. Pun begitu ruko milik Apeng di Jalan A Yani.

Warna merah turut menghiasi tempat prasmanan. Mulai dari kursi, meja yang dibalut dengan plastik merah. Itu menunjukkan sebagai tanda tahun baru Imlek dirayakan, dengan diadakan open house bagi masyarakat di sekitar Pulau Karimun, maupun para kolega dan pegawai.

Sekitar pukul 11.00 WIB, tamu mulai berdatangan dari masyarakat biasa, karyawan, hingga para kolega. Satu persatu tamu disambut tuan rumah dengan sambutan sepuluh jari. Sambil mempersilakan mengambil makanan yang disediakan secara prasmanan.

“Open House yang kita lakukan pada hari kedua ini untuk menjalin talisilahturahmi dengan masyarakat, kolega, karyawan. Jadi Tahun Baru Imlek, dimanfaatkan untuk merajut kebersamaan antar umat yang sekaligus untuk mempererat kebersamaan dalam hidup berdampingan antar umat beragama,” kata Apeng.

Dengan menyuguhkan makanan tradisional, seperti sate, tumpeng vegetarian, makanan khas tradisional yang dipesan dari warga setempat. Sehingga, makanan tersebut bisa dinikmati bagi umat muslim. Dan tidak ketinggalan setiap meja sudah di suguhkan beberapa buah khas Imlek yaitu jeruk dan beberapa kotak air minuman rasa buah.

Semakin siang, banyak tamu yang berdatangan silih berganti untuk mengucapkan selamat Imlek kepada tuan rumah. Dengan wajah ceria Apeng mengunjungi meja para tamu sambil menawarkan untuk minum atau menambah makanan yang telah disediakan. Selain itu, bagi anak-anak tidak luput mendapatkan angpao yang berwarna merah dari tuan rumah.

“Harapan kita sih, semoga tahun baru Imlek kali ini, dapat diberkahi kesuksesan, kemakmuran dan keselamatan. Terutama dunia usaha di Karimun, supaya bisa bangkit kembali seperti dua tahun lalu,” harapannya.

Open House yang sudah lima tahun dilakukan, setiap tahun baru Imlek ini bertujuan untuk berbincang-bincang ringan dengan masyarakat maupun karyawan dan kolega usaha secara lepas. Sebab, apabila diwaktu biasa ada keterbatasan aktivitas masing-masing ada kegiatan. (tri)

Update