Kamis, 25 April 2024

Pemohon Kartu Natuna Sehat Diverifikasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Pemkab Natuna Kartina Riauwita mengatakan, sekitar 6000 permohonan rekomendasi penerbitan kartu Natuna Sehat sudah masuk di Dinas Sosial.

Jumlah permohonan kartu Satuna sehat ini katanya, akan diverifikasi sesuai rekomendasi dan permintaan pemerintah daerah, agar program pemerintah tepat sasaran dan manfaat.

“Tentu verifikasi data peserta kartu Natuna sehat menyangkut ketersediaan anggaran. Sehingga persertanya adalah masyarakat yang memenuhi ketentuan diaturm,” kata Kartina kemarin.

Kartu Natuna sehat, adalah pengganti karti jaminan kesehatan masyarakat yang sudah dijalankan pemerintah sejak lama. Namu khusus Kartu Natuna Sehat tidak keseluruhan pesertanya migrasi dadi kartu jaminan kesehatan sebelumnya.

“Dinas akan verifikas, salah satu metode wawancara digunakan untuk menyesuaikan data permohonan. Kartu itu untuk masyarakat kurang mampu,” kata Kartina.

Dkjelaskannya, jika dalam proses wawancara memverikasi data terjadi kesalahan data atsu tidak sinkron. Akan menentukan rekomendasi penerbitan kartu Natuna sehat dan tidak dapat diproses lanjut.

Dikatakan Kartina, program Kartu Natuna Sehat merupakan program Dinas kesehatan. Namun dinas sosial membantu rekomendasi, agar lebih relevan. Berhak atau tidak sebagai peserta kartu Natuna sehat. Jangan sampai orang kaya masih ditanggung APBD untuk berobat,” ujar Kartina.(arn)

Update