Rabu, 24 April 2024

Jika Tak Layak, Bus Sekolah akan Dikandangkan

Berita Terkait

Beberapa waktu lalu salah satu bus sekolah terguling di Simpang Tiga Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi. Untuk menghindari kejadian yang sama, pihak disdik akan melakukan investigasi kelayakan bus sekolah. F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Kadisdik Kabupaten Bintan Tamsir mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi kelayakan bus sekolah yang diadakan oleh PT Aneka Jaya Kijang dengan menelan anggaran sekitar Rp 7,9 miliar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polres, Dishub maupun Organda untuk bersama – sama melakukan investigasi bus sekolah pada tahun ini,” ungkap Kadisdik Disdik Bintan Tamsir seusai acara refleksi 2 tahun kepemimpinan Bupati Bintan Apri Sujadi dan Wakil Bupati Dalmasri Syam di kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Senin (19/2).

Bila nantinya berdasarkan hasil investigasi, beberapa bus dinyatakan tidak layak operasi, Tamsir meminta agar bus bus tersebut dikandangkan. Dan kepada pemenang tender pengadaan 43 unit bus supaya segera mengganti dengan bus yang layak operasi. “Jika mereka tidak sanggup mengganti dengan bus yang layak operasi, kami minta agar bus yang layak operasi saja yang digunakan untuk transportasi antar jemput guru dan anak anak sekolah di Bintan. Yang tak layak, sebaiknya dikandangkan,” kata dia.

Ia mencontohkan, misalkan nantinya dari 43 unit bus yang diinvestigasi dan hasilnya hanya 5 unit bus yang tidak layak operasi, maka kontrak pengadaan bus sekolah itu harus diubah. “Maka nilai kontraknya hanya pengadaan 38 unit saja, itu misalkan,” kata dia.

Sebelumnya, bus sekolah yang mengangkut 7 orang siswa terbalik di Simpang Tiga, Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi. Kejadian itu mengakibatkan, 1 orang siswa mengalami luka cukup parah, sedang 6 lainnya mengalami luka ringan. (met)

Update