Sabtu, 20 April 2024

KPU Batam Persiapan Pemutahkiran Data Pemilih

Berita Terkait

Ilustrasi dokumen jpnn

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam tengah bersiap untuk pemutakhiran data pemilih tetap yang akan berpartisipasi pada pemilihan legislatif (Pileg) 17 April 2019 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Agus Setiawan mengatakan setelah menyelesaikan rangkaian verifikasi ulang parpol hingga perekrutan PPK, pihaknya bersiap untuk pemutakhiran data pemilih.

“Maret nanti kami sudah mulai tahap pemutakhiran ini,” kata Agus, Senin (19/2) saat dijumpai kantornya di Sekupang.

Ia menjelaskan PPK dan PPS yang sudah dibentuk nanti akan bersosialisasi ke tingkat RT/RW untuk membantu KPU dalam pemutakhiran data pemilih.

Berdasarkan data tahun 2015 lalu, jumlah DPT mencapai 648.012 pemilih. Ia mengungkapkan akhir bulan ini, komisioner KPU juga akan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakornas) di KPU pusat untuk membahas pemutakhiran data ini.

Ia menerangkan sebelum menjalankan tahap pemutakhiran data, pihaknya harus menunggu
Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang nanti akan dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri dan disampaikan ke KPU pusat sehingga diteruskan ke KPU daerah.

“Jadi nanti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota akan menghitung berapa jumlah pemilih di Batam dan dilanjutkan ke provinsi untuk diteruskan ke Kemendagri,” tambah Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Batam, Said Khaidar mengatakan tengah mendata berapa jumlah pemilih pemula yang akan berpartisipasi tahun 2019 mendatang.

“KPU juga sudah datang dan minta bantu soal pengecekan nomor KK pemilih yang lalu, dan kami tengah kerjakan, begitu juga pemilih pemula,” kata Said.

Ia menambahkan untuk menghitung jumlah pemilih ini pihaknya juga melibatkan kecamatan hingga kelurahan, agar proses bisa berjalan dengan cepat. “Ini salah satu tugas berat yang harus kami selesaikan, dan kemarin sudah disampaikan Menteri Dalam Negeri dalam Rakornas beberapa waktu lalu,” tutupnya. (yui)

Update