Jumat, 29 Maret 2024

Masyarakat Tunggu Palapa Ring Barat Beroperasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Masyarakat Natuna kini tidak sabar lagi menantikan beroperasinya palapa ring Barat. Jaringan telekomunikasi menggunakan fiber optik yang dibentangkan dari Kalimantan Barat menuju Natuna diyakini mempu memperlancar berbagai komunikasi elektronik di Natuna.

Ditambah lagi kondisi di Natuna, layanan telekomunikasi saat ini sangat terbatas. Bahkan pihak Telkom belum mampu melayani permintaan masyarakat. Sambungan telepon rumah dan perkantoran pun pun dibatasi sejak beberapa tahun terakhir.

Affuandris, seorang pemilik warung internet di Ranai mengaku, keterbatasan pelayanan telekomunikasi di Natuna sangat dirasakan kalangan pengelola warnet.Namun kedepannya dengan dioperasikan palapa ring barat mampu memperbaiki pelayanan.

“Pekerjaan saat ini sudah didukung peralatan telekomunikasi. Tanpa akses itu, tentu sangat mempersulit pekerjaan. Misalnya saja para siswa, pekerjaan sekolah sudah mengakses internet. Dan itu sudah cukup tinggi kebutuhannya di Natuna,” sebut Affuandris, Sein (19/2).

Sementara kepala dinas Kominfo Pemkab Natuna Raja Darmika mengatakan, pemerintah terus mendorong pemerintah agar menambahkan layanan telekomunikasi di daerah yang masih blank spot. “Sepengetahuan saya hampir di semua desa belum ada akses internet. Hal ini karena jangkauan jaringan internet yang masih susah,” kata Darmika kemarin.

Untuk pendidikan katanya, saat ini baru ada 1 Desa dan 5 sekolah yang mendapatkan bantuan akses internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tentu dengan kondisi sekarang, jaringan internet masih jauh dirasakan oleh masyarakat Natuna.

“Kami sudah mengusulkan kepada kementerian untuk pemasangan jaringan internet Desa, bagi Desa yang dilayani listrik 24 jam. Mudah-mudahan usulan itu disetujui di APBN,” ujar Darmika.

Sementara pengoperasian palapa ring barat katanya, masih dalam proses penetapan harga jualnya. Target pengoperasian bulan Maret mendatang. Kondisi laporan BP3TI, layanan fiber optik sudah siap operasi dan dijual.(arn)

Update