Kamis, 25 April 2024

Permudah Distribusi, e-KTP Diserahkan ke Kelurahan

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Mempercepat proses pendistribusian e-KTP, Kecamatan Batuaji menyerahkan 2017 e-KTP yang telah di cetak kepada empat kelurahan yang ada di wilayahnya. Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Batuaji, Safrianto mengatakan pendistribusian lewat kelurahan ini memudahkan warga untuk mengambil e-KTP milik mereka.

“Selain itu warga juga tidak harus jauh-jauh ke kantor kecamatan, mereka bisa langsung hubungi kantor lurahnya,” ujar Safrianto, saat ditemui diruangannya, Senin (19/2).

Dia mengatakan selama ini angka pengambilan e-KTP di kecamatan Batuaji sangat rendah, sehingga, untuk meminimalisir penumpukan e-KTP yang telah dicetak, pihak kecamatan pun berinisiatif membagikan per kelurahan saja.

“e-KTP ini sudah dicetak sejak September 2016. Padahal Disdukcapil dan kecamatan sudah berusaha memprosesnya lebih cepat,” katanya,

Safrianto merincikan e-KTP yang distribusikan di Keluarahan Tanjunguncang sebanyak 441 e-KTP, Kelurahan Kibing sebanyak 459 e-KTP, Kelurahan Buliang sebanyak 833 e-KTP dan Kelurahan Bukit Tempayan sebanyak 284 e-KTP. “Sehingga total semuanya ada 2017 e-KTP,” sebutnya.

Mengenai perekamanan e-KTP, Safrianto menyebutkan ada sekitar 11 ribu berkas yang sedang menunggu untuk dicetak. “Saat ini sedang proses cetak di Disdukcapil,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil, Said Khaidar mengatakan sepanjang tahun 2017 sedikitnya 64 ribu e-KTP sudah rampung dicetak. Dari jumlah tersebut sudah 70 persen yang diambil pemiliknya. “Laporan dari camat memang masih banyak yang belum ambil, padahal sudah diinfokan,” katanya belum lama ini.

Untuk itu, dia mengimbau kepada camat dan lurah untuk bekerjasama demi menyukseskan pendistribusian KTP tersebut.

“KTP ini data penting, jadi tolong yang sudah mendapat SMS untuk bisa mengambil KTP elnya,” imbau Said.

Saat ini pihaknya juga sedang fokus menyelesaikan masalah penumpukan berkas dengan melakukan pencetakan untuk per kecamatan.

“Kita harapkan masalah penumpukan berkas e-KTP bisa diselesaikan secepatnya,” tutupnya. (une)

Update