Gubernur Kepri Nurdin Basirun berjabat tangan dengan Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo saat menghadiri Rakornas di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Selasa (20/2). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menginginkan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Tanjungpinang sebagai satu-satunya daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Kepulauan Riau bisa berjalan dengan santun, damai dan tidak anarkis.

Iklan

Adapun untuk werwujudkan hal tersebut dibutuhkan kerjasama semua pihak. Baik penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawslu, peserta Pilkada yakni para pasangan calon (Paslon) hingga masyarakat baik itu pemilih, pengusung maupun pendukung.

“Saya yakin Pilkada di Tanjungpinang akan berjalan lancar karena memang itu yang kita inginkan bersama,” kata Nurdin usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Selasa (20/2).

Masing-masing tim sukses dari setiap pasangan calon diminta mengikuti peraturan yang sudah dibuat oleh KPU. Paslon harus berlomba-lomba beradu program, ide dan gagasan untuk membangun daerah.

Dari situah nanti masyarakat akan menilai program yang mana yang lebih baik. Dan tidak justru melakukan money politic (politik uang), saling menyebarkan berita hoax, adu domba dan sebagainya.

“Jaman sekarang sudah tidak begitu lagilah. Masyarakat kita sekarang sudah cerdas. Masyarakat pasti akan memilih yang terbaik untuk kemajuan daerahnya. Untuk itu kita semua harus bekerjasama dan saling mengingatkan. Mari kita sama-sama sukseskan Pilkada serentak di Tanjungpinang,” kata Gubernur.

Disamping itu Gubernur juga mengingatkan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikat netral dan professional, alias tidak terlalu memperlihatkan diri mendukung salah satu pasangan calon tertentu. Apalagi sampai ikut kampanye.

“Untuk ASN bersikap saja netral. Gunakan hak suaranya di bilik suara, bukan untuk mempengaruhi masyarakat agar memilih calon tertentu. Pada intinya, jika semua peraturan dan tahapan Pilkada kita ikuti dengn baik dan tertib, insya Allah hal-hal yang tidak diinginkan bisa kita hindari,” kata Nurdin.

Sementara itu Pj. Walikota Tanjungpinang H. Raja Ariza mengatakan jika dia sangat yakin masyarakat Tanjungpinang bisa menentukan pilihan terbaiknya untuk Tanjungpinang yang lebih baik kedepannya.

“Masyarakat Tanjungpinang sudah pada cerdas. Saya yakin mereka sudah memiliki pilihan siapa yang layak memimpin Tanjungpinang kedepan. Yang penting kita semua harus komitment untuk mewujudkan Pilkada di Tanjungpinang yang damai dan bahagia,” ujar Raja Ariza singkat. (Ryan Agung)