Jumat, 19 April 2024

Pak Walikota, Jalan S Parman belum Dilengkapi Lampu Penerangan

Berita Terkait

batampos.co.id – Jalur dua Jalan S Parman, Seibeduk tepatnya di pintu satu hingga pintu empat, Mangsang yang baru selesai dibangun belum dipasangi lampu. Akibatnya, jalan menjadi gelap dan cukup membahayakan pengendara yang lewat. Pada kedua sisi jalan tersebut tidak dilengkapi dengan lampu penerangan. Warga setempat mengaku cukup kesulitan, apalagi di ruas jalan itu kerap ada pengendara yang melawan arus.

“Gelap kali. Sama sekali tak ada penerangan,” kata Jusman, warga Kelurahan Mangsang, Rabu (21/2).

Dia mengatakan kondisi gelap itu terjadi sejak jalan itu selesai dibangun akhir tahun 2017. Menurutnya, pembangunan jalan itu tidak disertai dengan penerangan jalan. “Sama halnya dengan jalur dua yang dibangun lebih dulu di pintu empat Batamindo hingga di depan Perumahan Nusa Indah,” katanya.

Menurutnya, keadaan ini cukup berbahaya, berbagai tindakan kejahatan dapat terjadi jika kondisinya tetap seperti itu.

Selain penerangan jalan, warga juga meminta Pemerintah Kota Batam menyegerakan pemasangan marka jalan. Karena ketiadaan marka membuat lalulintas di jalan baru ini kerap dilanggar. “Pada ngebut, kami minta marka segera dipasang, baik marka maupun lampu,” jelas Rahmi, warga lainnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Jalan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM) SDA Suratno mengungkapkan, pemasangan lampu pada jalur baru belum dianggarkan tahun 2018 ini. Ia mengaku lampu jalan merupakan tugas Pemko Batam pada jalan yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri itu.

“Tahun ini belum, kami lakukan bertahap. Masih tahap usulan semua, mungkin dianggarkan 2019,” kata Suratno. (une)

Update