batampos.co.id – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tanjungpinang sedang melakukan validasi anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Kegiatan ini perlu dilakukan sejak sekarang guna menuju pelaksanaan imunisasi campak dan rubella yang akan digelar sepanjang Agustus dan September tahun ini.

Berdasarkan data yang dikumpulkan sekarang tercatat sekitar 56.021 anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun di Kota Tanjungpinang. Data itu diperoleh dari pendataan siswa SD/MI, SMP/MTS, TK/PAUD, posyandu, masyarakat dan kelas satu SMA yang belum berusia 15 tahun.

“Makanya data yang sudah ada itu perlu divalidasi lagi, agar tidak ada yang melewatkan imunisasi ini nanti,” ujar Kepala Dinkes Dalduk KB, Rustam, kemarin.

Lebih lanjut Rustam menjelaskan, imunisasi itu nantinya akan dimulai dengan kampanye yang akan dilakukan pelayanan pada 75 sekolah dasar, 31 sekolah menengah pertama, 136 posyandu dan 13 pos penimbangan.

“Ditambah dengan seluruh fasilitas kesehatan yang ada seperti puskesmas, puskesmas pembantu, pos kesehatan kelurahan, dan klinik kesehatan ibu dan anak,” terangnya.

Kampanye campak dan rubella adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan penularan virus Campak dan Rubella pada usia 9 bulan s.d 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi Ini diberikan untuk semua usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye imunisasi MR bulan Agustus – September 2018. “Karena itu akan dilakukan juga di sekolah-sekolah,” pungkas Rustam. (aya)

Respon Anda?

komentar