Anggota Polsek Tebing memasang spanduk himbauan di lokasi lahan kosong dan sekitar hutan, Rabu (21/2) F. Dokumentasi Polsek Tebing/Batam Pos.

batampos.co.id – Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono, menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Tebing agar tidak melakukan pembakaran sekitar hutan maupun saat membuka lahan dengan membakar. Mengingat, kondisi cuaca saat ini cukup panas dan dibarengi angin kencang.

“Sepertinya saat ini sudah memasuki musim kemarau. Kita (Polsek Tebing-red) sudah memasang spanduk dibeberapa titik dengan pesan dilarang membakar hutan dengan lahan sembarangan,” kata Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono, kemarin (21/2).

wilayah hukum Polsek Tebing rata-rata wilayahnya masih banyak terdapat lahan semak belukar maupun hutan lindung. Dimana, dalam beberapa pekan sering ini sering terjadi kebakaran hutan maupun lahan kosong. Yang rata-rata dahan maupun ranting berguguran dan tidak sengaja masyarakat yang melintasi membuang puntung rokok disekitar lahan maupun di bibir hutan.

“Mohon di informasikan kepada Polsek Tebing apabila terjadi kebakaran. Supaya, dapat mengambil langkah awal dan melakukan koordinasi dengan pihak damkar untuk pemadaman dengan cepat. Agar, tidak merambat ke tempat lain terutama rumah warga disekitarnya,” pesannya.

Kerjasama antarawarga menuruut Budi sangat penting dalam menjaga lingkungan masing-masing untuk mencegah terjadinya kebakaran. Dan apabila masyarakat melakukan pembakaran sampah, diharapkan supaya ditunggu hingga padam apinya. Yang saat ini ada tiga titik kelurahan, sudah dipasang spanduk pelarangan yaitu Kelurahan Pamak, Alor Jongkong Kelurahan Harjosari dan Teluk Lekup desa Pongkar.

“Angota kita juga kemarin, berusaha untuk memadamkan api dilahan kosong yang terbakar bersama anggota damkar,” ujarnya.

Sementara informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun memperkirakan cuaca disekitar Tanjungbalai Karimun beberapa hari kedepan pada pagi hari cuaca cerah hingga sore hari dengan suhu 25 hingga 31 derajat celcius. Dengan kecepatan angin 30 kilometer per jam, kelembaban hanya 60 sampai 90 persen.

Sedangkan pantauan dilapangan, beberapa lokasi lahan kosong dipulau Karimun banyak bekas terbakar. Dan disiang hari, dibeberapa lokasi masih kelihatan kepulan asap.
“Cukup panas cuacanya, ada tu lahan kosong yang terbakar disekitar jalan Poros bang,” kata Salma salah seorang karyawan swasta. (tri)

Respon Anda?

komentar