Wisatawan asal Tiongkok berlibur di Bintan belum lama ini. Wisatawan asal Tiongkok ini masuk lewat Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Dalam sebulan terakhir, Tanjungpinang kedatangan 4.810 wisatawan asing asal Tiongkok. Lebih menarik lagi, wisatawan itu masuk via Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF). Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza menilai hal ini sebagai sebuah peluang meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Mereka itu datang kemari buat menghabiskan uang, ini yang harus kita manfaatkan,” ujar Ariza, kemarin (22/2).

Peluang ini bisa direalisasikan dengan komitmen dan kesadaran masyarakat mewujudkan sebuah produk kreatif agar bisa dilirik ribuan wisatawan asing tersebut. Ariza yakin, jika itu sudah terwujud, pihak-pihak terkait akan dengan mudah memberikan dukungan.

Kepada pihak PT Angkasa Pura II, selaku pengelola Bandara Internasional RHF, Ariza sudah menyampaikan hajatnya agar kian membuka peluang bagi maskapai lain membawa wisatawan asing dari berbagai negara. Jika itu terlaksana, sambung Ariza, ia akan mendukung melalui penyediaan program-program kepariwisataan yang bisa ditawarkan kepada turis-turis yang datang.

“Seperti lampu-lampu hias 3D painting, khususnya Chinese Garden di kawasan Senggarang, nantinya segala atraksi budaya Cina akan dipusatkan di wilayah itu,” jelasnya.

Selain itu, saat ini, pemerintah Kota Tanjungpinang tengah melakukan penataan di kawasan Gedung Gonggong untuk kegiatan seni musik, para pelukis, dan berbagai kegiatan seni lainnya. Ia ingin tempat ini bisa menjadi wadah bagi para seniman muda di Kota Tanjungpinang untuk menciptakan karya serta menuangkan kreativitasnya.
“Yang terpenting, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan dan keindahan kota, supaya turis-turis yang datang ke Tanjungpinang terus meningkat,” ujarnya.

Manajer Umum PT Angkasa Pura II di Bandara RHF, Hotasi Manalu, siap mendukung pelaksanaan program kreatif kepariwisataan tersebut. Program dana sosial yang akan digulirkan pihaknya tahun ini, kaya Hotasi, akan disalurkan seperti pembangunan rumah kreatif dan program kampung sehat.

“Program ini, bertujuan untuk membantu pengurangan angka kemiskinan, dan pada 1 maret mendatang, kami akan meresmikan gedung serba guna yang berada di Jalan Salam. Kami minta Pj. Wali Kota bisa meresmikan gedung tersebut. Selain itu, akan ada penyerahan bantuan kaki palsu untuk 10 orang,” terangnya. (aya)

Advertisement
loading...