Jumat, 29 Maret 2024

Tahun Ini, Surabaya Bangun Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemkot Surabaya berencana membangun Kebun Raya Mangrove. Kebun tersebut diklaim yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia !

Proyek ini bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, kebun raya itu rencananya akan dibangun di atas lahan sekitaran pesisir pantai Gunung Anyar Surabaya. Proyek kebanggaan warga Kota Pahlawan tersebut ditargetkan akan mulai berjalan pada tahun ini.

Luas kebun raya itu mencapai lebih dari 100 hektar. Pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, sedang dilakukan pembebasan lahan.

“Tahun ini dibebaskan 30 hektar, nanti gandeng sama tanah kami (milik Pemkot) yang 30 hektar. Tahun depan kami bebaskan lagi 30 hektar. Jadi, kalau nanti bisa ngumpul, bisa lebih dari 100 hektar,” papar Risma, Kamis (22/2).

Risma melanjutkan, nantinya Pemkot juga akan bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selain kebun mangrove pertama di dunia, kawasan tersebut juga akan menjadi kawasan observasi serta pusat pengkajian dan penelitian.

“Mengapa butuh LIPI? Karena nanti dihitung umurnya (mangrove) berapa? Kayak gitu semua dengan teori,” lanjutnya.

Untuk melengkapi fasilitas di kawasan Kebun Raya Mangrove tersebut nantinya akan dibangun jembatan bambu yang melintas di atas bozem (waduk). Jembatan tersebut menghubungkan antara Kebun Raya Mangrove dengan Mangrove Information Center (MIC), Wonorejo.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Alexander Sonny Kerraf mengatakan saat ini luasan lahan yang sudah dimiliki oleh Pemkot Surabaya sekitar 60 hektar.

“Kami akan mulai membangun dan mengembangkan master plan-nya. Selanjutnya, kami akan mulai membangun 60 hektar itu,” ucap mantan Menteri Lingkungan Hidup tersebut.

Kerraf menambahkan, selain menjadi kawasan konservasi berbagai spesies mangrove, Kebun Raya Mangrove juga bakal menjadi wahana rekreasi yang hijau untuk warga Surabaya.

“Nanti juga akan dilengkapi dengan jogging track, kanal-kanal sampan, dan dilengkapi dengan rekreasi untuk anak-anak,” tambahnya.

(did/JPC)

Update