Jumat, 19 April 2024

Pemko Batam sangat Berharap Kran Impor Beras Dibuka

Berita Terkait

Seorang pekerja toko sembako Multi Sukses dipasar Mega Legenda mengangkat karung beras saak akan disusun , Rabu (7/2). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam masih berharap Kementrian memberi izin dibukanya kran impor beras khusus untuk Batam. Selain lebih dekat dengan negara pengimpor, Batam juga bukan termasuk sebagai daerah penghasil, seperti beras.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan harapan itu masih disampaikan melalui publikasi dan informasi kepada komisi 6 DPRD RI. Dimana, pada bulan Februari saja Batam kekurangan 5017ton beras.

“Surat memang belum, namun secara publikasi dan informasi sudah kami sampaikan, jika Batam kekurangan stok beras,” terang Amsakar, Sabtu (24/2).

Beberapa waktu lalu Kementrian juga telah membuka keran impor di pusat dengan mengimpor 500 ribu ton lebih beras. Selain berharap dapat bantuan pasokan beras, ia juga masih berharap Kementrian bisa mendukung untuk keran impor khusus Batam.

“Kami juga berharap dapat bahagian dari impor itu untuk mengatasi kekurangan beras di Batam. Namun dilain hal kami masih berharap dapat izin khusus impor untuk lokal Batam,” tegas Amsakar.

Dilain sisi, ia meminta agar distributor beras mencari jalan atau alternatif lain untuk mengatasi kekurangan stok beras di Batam. Sembari menunggu izin impor yang nantinya diharapkan bisa diberikan Kementrian.

“Untuk bulog sangat mungkin untuk importasi beras. Namun, sampai saat ini saya belum berkomunikasi dengan pimpinan Bulog yang baru. Insyallah Selasa depan akan ada pertemuan,” jelas Amsakar.

Menurut dia, keran impor khusus Batam dirasa menjadi jalan terbaik untuk mengatasi kekurangan beras yang mungkin akan terjadi lagi dikemudian hari. Apalagi Batam berada di jalur yang dekat dengan negara pengimpor.

“Jadi beras itu bisa langsung masuk Batam, tanpa harus ke pusat lagi. Tapi terserah kebijakan pusat. Itu hanya semata-mata pertimbangan dari kami disini,” pungkas Amsakar. (she)

Update