Jumat, 19 April 2024

Pemkab Janji Bantu Santri/Santriwati Kurang Mampu

Berita Terkait

Bupati menyerahkan sertifikat kepada santriwati Hafidz Quran Ma’had Tahfizul Quran Atthohiriyah, Moro, usai menjalani wisuda, Sabtu (24/2) lalu.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq melaksanakan wisuda 24 santri/santriwati Hafidz Quran pada Ma’had Tahfizul Quran Atthohiriyah Moro, Sabtu (24/02) lalu. Insha Allah santri/santriwati yang khatam dan wisuda hari ini menjadi anak yang soleh dan soleha.

“Dari informasi yang kami terima, ada sekitar 200 anak yang mendaftar. Tapi Ma’had Tahfizul Quran Atthohiriyah hanya mampu menampung sekitar 100 santri/santriwati. Ini menjadi bukti bahwa Ma’had ini menjadi harapan dan tujuan bagi para orang tua untuk menitipkan anak anaknya dalam rangka menghafal Alquran,” papar Rafiq.

Bagi santri/santriwati dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan kuliah, kata Bupati, pemerintah siap membantu. “Ada yang melalui jalur Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Karimun, maupun jalur pemerintah dengan mengikuti ketentuan yang berlaku,” beber Bupati.

Di antara 24 wisuda, enam Putri, dan lima putra telah menyelesaikan Khataman Quran 30 Juz. Namun sejak berdiri, sudah 24 orang santri/santriwati yang menyelesaikan hafalan 30 Juz dan diwisuda.

Saat ini Kabupaten Karimun memiliki delapan Rumah Tahfidz, 16 Pondok Pesantren, 159 ustadz/ustadzah yang mengajar pada Rumah Tahfidz/Pondok tersebut yang diberikan insentif oleh Pemerintah Kabupaten Karimun. Selain itu, ada 332 TPQ, 125 DTA dengan jumlah guru sebanyak 2.015 orang dan 21.000 lebih santri.

Di awal acara Bupati terlebih dahulu meresmikan gedung asrama putra sebanyak satu unit berlantai dua yang di bangun oleh Pemerintah Kabupaten Karimun. (ims)

Update