Kamis, 25 April 2024

Pemkab Natuna Dorong Percepatan Pembangunan

Berita Terkait

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menghadiri rakor percepatan pembangunan daerah perbatasan yang digelar kemenko maritimdi Batam. Jumat (23/2). F. Humas Pemkab Natuna untuk Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, pemerintah daerah terus menggesa bebergai sektor percepatan pembangunan di Natuna kepasa Kemenko Maritim, dalam rapat koordinasi kebijakan pembangunan Infrastruktur konektivitas, Perikanan dan Energi di wilayah perbatasan dan pulau terluar yang diselenggarakan di Batam, Jum’at (23/2) kemarin.

Rakor tersebut kata Hamid Rizal, menyesuaikan nawa cita ke-3 Presiden Joko Widodo membangun daerah perbatasan, dan menggesa percepatan pembangunan daerah perbatasan yang terus dilanjutkan.

Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim, Ridwan Djamaluddin tersebut untuk mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan, apa yang dicapai dan apa saja yang masih diperlukan oleh daerah perbatasan Natuna dan Anambas.

Rakor yang diselenggarakan di Gedung BP Batam tersebut dihadiri oleh para direktur dan kepala bidang dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM dan juga perwakilan dari PT. PLN Wilayah Sumatera.

Hamid Rizal mengatakan, Rakor tersebut sangat penting dalam mensinergikan program pusat dan daerah, mendukung program percepatan pembangunan dibidang pariwisata dan perikanan.

“Mewujudkan percepatan pembangunan tidak akan dapat dicapai jika hanya mengandalkan APBD yang bersifat fluktuative. Oleh karenanya, kegiatan seperti ini merupakan momentum tepat bagi menyampaikan harapan dan dukungan yang dibutuhkan kepada pemerintah pusatm” kata Hamid Rizal kemarin.

Dimatakan Hamid Rizal, beberapa usulan yang disampaikan pada kesempatan Rakor tersebut adalah pada sektor perikanan. Yakni penambahan Coldstorage, dukungan teknologi budaya pada Balai Benih.

Sementara disektor perhubungan mengusulkan disegerakannya pengoperasian Tol Laut antar pulau, penyediaan rambu-rambu pelayaran, pengoperasian Kapal Roro, pembukaan rute penerbangan Jakarta Pontianak Natuna dan Pelabuhan Exit Entry Point.

Pada dektor Pariwisata, pemerintah daerah mengajukan pembangunan sarana dan prasarana pendukung objek-objek wisata, pembangunan Maindland di Pian Penyu.

“Daerah juga usulkan dibidang kelistrikan. Untuk pengadaan lahan dari PLN, membangun lokasi pembangkit listrik yang akan mendukung seluruh proggram pemerintah,” ujar Hamid Rizal.(arn)

Update