Sabtu, 20 April 2024

Angkat Budaya, Peluang Jadi Destinasi

Berita Terkait

Raja Ariza. F. Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Tanjungpinang dipenuhi dengan masyarakat yang memiliki latar belakang budaya yang beragam. Dengan keberagaman yang hidup berdampingan di kota gurindam ini, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza menuturkan besarnya peluang yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan wisata budaya.

“Sejak dulu memang masyarakat Tanjungpinang sudah akrab dengam berbagai kegiatan budaya. Ini bisa menjadi potensi jika dioptimalkan kembali untuk wisatawan yang berkunjung,” tutur Ariza kemarin (26/2).

Namun, diakui Ariza beberapa pertunjukan budaya mulai jarang dan sulit didapatkan. Seperti beberapa kegiatan budaya warga etnis Tionghoa, mulai dari pertunjukan wayang Cina hingga louya. “Kalau bisa diangkat kembali tentu akan mengundang minat wisatawan. Apalagi pada momen saat ini,” ujar Ariza lagi.

Ariza juga menuturkan harapannya, agar pemerintah bersama masyarakat dapat membangun budaya dan adat di Kota Tanjungpinang. Sehingga beberapa budaya yang mulai sulit ditemukan, dapat kembali muncul ke permukaan. “Yang hilang pun dihidupkan kembali. Dengan begitu, kegiatan budaya tersebut, bisa dijadikan agenda tahunan pariwisata “, pungkasnya. (aya)

Update